Cara Mengatasi Baterai Lenovo Ideapad S205 Bermasalah: 0% available (plugged in, not charging) [SOLVED!]

Cara Mengatasi Baterai Lenovo IdeaPad S205 Bermasalah
Cara Mengatasi Baterai Lenovo IdeaPad S205 Bermasalah

Beberapa hari lalu, seorang teman datang kepada saya membawa sebuah masalah. Baterai netbook (kadang khilaf, disebut notebook atau laptop) Lenovo Ideapad S205 yang baru dibelinya sekitar 1-2 tahun lalu itu tidak mau mengisi walau charger/power adaptor telah terpasang sempurna. “0% available (plugged in, not charging),” katanya.

0% available (plugged in, not charging)
0% available (plugged in, not charging)

Lepas-pasang baterai rupanya tidak pula membuahkan hasil. Pinjam charger/power adapter dengan tipe sejenis, dari teman lain, jelas tidak mungkin. Tak ada satu pun teman memiliki netbook tipe ini.

Ah! Kalo masih 100,000 Rp – 200,000 Rp mah, mending gue beliin aja dah! Begitu pikir saya.

*

Sebelum dilanjutkan:

Sebenarnya, kalau artikel ini mau dibuat dengan format serius, bisa. Tapi saya sengaja tidak menggunakan pendekatan itu. Di sini, saya ingin mengajak teman-teman sekalian melihat prosedur problem solving yang biasanya saya terapkan saat memecahkan suatu masalah, terutama yang berhubungan dengan dunia teknologi informasi. Jadi, kalau terkesan bertele-tele, mohon disori. 😀

*

Riset pasar

Dan, perburuan harga pun dilakukan. Saya memulainya dengan mengetik keyword andalan, “Jual baterai Lenovo Ideapad S205” pada text box pencarian Google.

Teratas; Jakartanotebook.com. Klik…

Rupanya baterai jenis Lithium Ion High Capacity replacement milik Lenovo Ideapad S205 ini juga bisa digunakan untuk IdeaPad S10-3, IdeaPad U165, dan Ideapad U160.

Harga baterai Lenovo Ideapad S205 di situs Jakartanotebook
Harga baterai Lenovo Ideapad S205 di situs Jakartanotebook

Hmm, harganya 328,400 Rp. Walau di situ tertera diskon 27% alias lebih hemat 120,600 Rp, harga baterai ini tetap tidak masuk budget yang ada.

Klik situs berikutnya; Hargabaterailaptop.net…

Harga baterai Lenovo Ideapad S205 di situs Hargabaterailaptop
Harga baterai Lenovo Ideapad S205 di situs Hargabaterailaptop

Beugh! Harga baterai replacement Ideapad S205 ternyata lebih mahal di situs ini; 610,000 Rp! Padahal itu pun sudah didiskon 6.15% alias 40,000 Rp.

Bukalapak.com… 319,700 Rp

Tokopedia.com… 328,400 Rp

 

Cari solusi alternatif

Gunakan keyword - fix lenovo plugged in, not charging solved
Gunakan keyword – fix lenovo plugged in, not charging solved

OK! Nyerah! Harganya tidak terjangkau isi kantong! Mari kita cari alternatif solusi lain yang lebih murah, sukur-sukur gratis. Pada mesin pencari Google, saya ketik kembali, “Fix Lenovo plugged in, not charging solved.”

Urutan 1… urutan 2… urutan 3… urutan 4… ah, dapat!

Link situs Offthewallchina.blogspot.com dengan judul artikel; “Lenovo plugged in, not charging battery–SOLVED!” saya klik. Baca punya baca, rupanya dia peroleh cara mengatasinya berdasarkan referensi dari situs Jeffreypalermo.com, dengan judul artikel “Plugged in, not charging Windows 7 solution.

Jeff sendiri, ternyata memperoleh solusi permasalahan baterai yang tidak bisa mengisi sempurna dari situs Social.technet.microsoft.com, dengan judul artikel; “Plugged in, Not Charging.”

OK! Got it!

Setelah dibaca dengan seksama, kini giliran saya mencobanya pada netbook yang bermasalah. Berikut, adalah langkah-langkahnya;

  • Shutdown netbook
  • Lepas charger/power adapter
  • Lepas baterai
  • Pasang kembali charger
  • Nyalakan netbook
  • Tunggu Windows (7) loading sempurna
  • Klik ‘Start’
  • Klik kanan ‘Computer’ – Manage
Jendela Computer Management Windows 7
Jendela Computer Management Windows 7
  • Setelah jendela Computer Management terbuka, pada bagian Computer Management (Local), klik “Device Manager”
  • Pada jendela di bagian kanan atas, klik ‘Batteries’
  • Klik kanan “Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery” – Uninstall
  • Tunggu proses uninstall selesai
  • Shutdown netbook
  • Lepas charger/power adapter
  • Pasang baterai
  • Pasang kembali charger
  • Nyalakan netbook
Baterai kini mengisi dengan baik
Baterai kini mengisi dengan baik

Dan, voila! Problem solved!

Rupanya, tidak semua penyelesaian masalah membutuhkan uang. Pada kasus ini, saya hanya butuh sedikit kreatif, kesabaran, dan keberuntungan.

Nah! Kalau kalian memiliki permasalahan serupa, silahkan mengikuti langkah-langkah yang telah saya berikan di atas. Semoga cara mengatasi baterai Lenovo Ideapad S205 bermasalah—0% available (plugged in, not charging)—ini juga bisa diterapkan pada netbook kalian. Salam. [BEM]

Advertisements

199 thoughts on “Cara Mengatasi Baterai Lenovo Ideapad S205 Bermasalah: 0% available (plugged in, not charging) [SOLVED!]”

    1. Kalo cara ini dan semua alternatif solusi yang ada di kolom komentar gak bisa juga, berarti ini waktunya kamu minta bantuan pakarnya. Alias dateng ke service center terdekat, atau ke bengkel reparasi laptop deket rumah, yang sekiranya terpercaya. 🙂

  1. Mas punya saya kok tetep gabisa ya, ini baterai saya 98% tp saya charge ttp ada tulisan plugged in not charging, katanya ada yang bilang pake dulu sampe dibawah 95% biasanya bisa masuk tp gabisa 100% tapi saya belum berani coba takut beresiko dan stuck disitu, mohon saran nya.

    1. Sampe di bawah 95% doang? Setahu saya ‘normalnya’ itu justru harus deep discharge, ya, Hans/An. Kalo sampe stuck, kemungkinan terburuknya paling gak bisa pake batre. Jadi ke mana-mana mesti bawa power adaptor. Tapi kalo gak dicoba, kan, kita gak tau cara itu bisa berhasil atau enggak.

  2. Kak punya saya lenovo ideapad s215, udah coba pakai cara yang kakak tulis dan cara lain tapi ttp gabisa. Jadi waktu sore itu laptop saya dipakai buat nonton film sambil dicharge terus pas sampai 96% tbtb muncul tulisan plugged in,not charging. Terus saya coba coba cara itu kak terus bisa lagi dan bisa fully charged. Tapi pas paginya kok gabisa lagi ya kak, tadinya 95 terus dicharge sampe 99% pas saya hidupin not charging lagi, sampe sekarang masih gabisa. Mohon bantuan nya ya kak. Terimakasih.

    1. Sayangnya, semua cara yang saya tahu, juga udah ditulis di sini, An. Dari ceritamu ini, kayaknya udah waktunya laptopmu itu dibawa ke service center atau bengkel reparasi terpercaya.

      But, wait! Saya tiba-tiba kepikiran satu kemungkinan solusi lagi: ganti baterai CMOS.
      Tapi ini masih kemungkinan, ya. Belum tentu berhasil juga. Tapi gak ada salahnya kamu coba.

  3. mas punya saya lenovo z400 mengalami kasus seperti ini : batre nya di cas cuma mentok sampe 60% abis itu tulisan nya “not Charging”. kira2 ada solusi ga ya gan?

  4. Kang notebook ane 0% available (plugged in, charging) tapi gk mau nambah² biarpun udh seharian di cas, padahal baterai baru 3 bulan ganti, notebook saya Toshiba Satellite L755

  5. min notebook saya asus x200m, sebelumnya mau aja di cas,terakhir seingat saya make 2mingguan yg lalu batrainya udah habis,saya cas mau aja dia,habis itu gak pake lagi udah 10 hari saya pake batrainya habis lagi,kemarin saya mau pake lagi habis saya cas batrainya 12% biasanya dicabut tetap hidup,nah waktu itu saya cas lagi hidup kok,terus saya cas dalam keadaan mati notebook nya 15menitan lah saya hidupkan lagi malah 0% batrainya,tulisannya sama kayak msalah diatas,dayanya nyambung tapi tetap 0% gak nambah kalau di cabut cargernya dia mati,udah coba carger notebook teman yg sama tetap gak mau,itu kira2 yg salah udah fix batrai atau bisa diperbaiki gak min ? soalnya pake cara diatas saya bingung karna batrai tanam,ini note book pemakaian 1½ tahunan kira2,dan saya biasa ngecas malam tapi dalam keadaan mati notebooknya,mohon bantuannya min,makasih

    1. Untuk sampe ke konklusi itu (unit batre bener-bener rusak) kita harus mastiin dulu kalo perbaikan dari sisi software* memang gak ada yang berhasil. Percuma juga kan ganti charger atau batre baru, kalo ternyata yang bermasalah malah windowsnya (misalnya).

      Untuk batre tanam, saya pernah baca-baca, ada yang berhasil dengan cara update sistem BIOS. Mungkin bisa dicoba. Tapi resiko tanggung sendiri ya. 😀

      *)contohnya seperti: reinstall OS, update driver, update sistem BIOS, utak-atik sistem yang disinyalir jadi penyebab kerusakan, dan lain sebagainya.

  6. Gimana ni ka , laptop aku dicas masuk sih tapi berhenti sendiri , aku tungguin eh ternyata batrai nya malah kurang ka ,gak mau mengisi .padahal cas nya masuk loh ka ,gimana ya ka ?

    1. Di beberapa kolom komentar sebelumnya ada beberapa cara lain yang aku kasih dan mungkin bisa dicoba, An. Udah dicoba belum? Kalo udah dicoba dan tetap gak bisa, berarti kamu harus beli batre baru atau minta bantuan teknisi yang ngerti. 🙂

  7. gak bisa………..hikz hikz sedih,awalnya notebook acer saya normal aja,terus lama gak dipake setahunan lah,kan katanya temen aq klo gak dipake lebih baik batre dilepas aja,dan memang kebetulan wkt itu batre habis,jadi maen aq lepas tanpa aq cas dulu.udh gitu gak dipake setahunan lah,dengan kondisi batre lepas ya.pas kemaren mau dipake di idupin gak idup2 walhasil dicas sambil di pake,pas diliat di icon batre ada bacaan 0% available(plugged not carging) dah di coba cara diatas tetep aja,apa ya solusinya.

    1. Hmmm… kalo ngeliat dari kronologisnya, kayaknya sih memang harus ganti batre ya. Kemungkinannya kemampuan batre tersebut untuk nyimpen daya udah lemah. Untuk mastiin biar lebih yakin (sebelum beli batre baru), kalo ada temen yang punya notebook dengan tipe sama, coba pinjem batrenya aja. Buat ngetes.

      Oia, selain solusi yang tertulis di artikel, di beberapa kolom komentar saya juga ngasih beberapa cara lain. Mungkin bisa dicoba. Plus!…

      Saran saya, setelah ganti batre nanti, walau cuma dipake di rumah, biarin aja terpasang di notebook. Karena batre ini bisa berguna sebagai ‘stabilizer’ untuk tegangan listrik yang turun-naik.

      Saya pernah punya pengalaman, copot batre malah bikin laptop saya mati total gara-gara tegangan listrik yang fluktuatif dan mati listrik yang seringnya tiba-tiba. Kenapa bisa begitu? Karena tanpa batre, listrik yang masuk ke laptop kita akan dialirkan secara langsung ke komponen-komponen elektronik. Dengan batre terpasang, listrik yang masuk akan ditampung terlebih dahulu, kemudian disalurkan ke komponen-komponen elektronik dengan daya yang relatif stabil (gak spiking mendadak).

  8. trmksh banyak gan
    luar biasa sangat membantu informasinya
    semoga dpet pahala yg banyak krena sdh bantu banyak orang
    saya pake notebook lenovo s215 windows 10 dan berhasil.

    1. Gak ada jaminan cara yang berhasil dipake di komputer X, bisa juga dipake di komputer Y. Karena masing-masing unit itu unik. Walau komputernya bermerek dan bertipe sama, tetep aja bakal beda-beda cara pakenya, beda operating system-nya, beda program instalan-uninstalannya, beda lingkungan dipakenya, dan sebagainya. Dan itu, sedikit-banyak pasti mempengaruhi proses problem solving-nya. Jadi, kalo gagal pake cara yang satu, tinggal cari cara lain.

  9. Kak, kalau laptop yg batrenya built-in ada caranya ga? Krn langkah2 diatas kan harus lepas pasang batre.. mohon bantuannya 🙂 oh ya saya pake windows 8.1 Pro

      1. Gan mau nanya nih, kan baterai saya awalnya gpp kmrin tuh abis nyampe 5% trus saya charge dari jam 9 eh ktiduran nyampe subuh. Saya lepas. Pas sore tadi mau saya pake eh batre saya muncul tanda silang pdhal full trus saya searching ngikutin cara gimana bair itu tanda silang ilang. Caranya charge 100% trus safe mode trus d biarin jgn d operasiin tunggu mati sendiri bru restart charger lgi. Saya udh nunggu lama gan btre udh merah lampunya tp g mati2 akhirnya safe mode nya saya balikin k normal eh rupanya sisa 7% doang trus saya charge g nambah2 gan.. Klo charger d cabut ada peringatan klo sisa 7% tpi klo d sambungin lgi ttep 7%. Kaya gitu baterai saya udah rusak apa gimana gan?

      2. Kalo yang dimaksud dengan “awalnya gpp” itu bisa di-charge sampe full 100%, kemudian secara tiba-tiba cuma bisa mentok sampai 5%-7%, kemungkinan paling ringannya, telah terjadi kegagalan software–dalam hal ini, terkait Power Management. Sementara kemungkinan terberatnya: kerusakan fisik. Bisa dari baterainya sendiri, atau dari hardware yang terkait dengan power.

        Kalo kamu sudah coba cara di artikel ini dan belum berhasil, ada beberapa cara lain di beberapa kolom komentar yang bisa dicoba. Kalo sampai di situ belum berhasil juga, mungkin sudah waktunya dibawa ke service center.

    1. Saya sih belum pernah coba di Windows 8, Gan. Tapi gak ada salahnya dicoba. Soal bisa atau enggak, gak ada jaminan. Karena komputer itu menurut ane analoginya kayak orang berobat ke dokter aja. Sakitnya boleh sama, tapi obat yang cocok belum tentu sama.

  10. klo punya ane asus eepc 1015pw diindikatornya tertera 27% ndak mau nambah, tanpa charger juga ndak mau nyala, gimana solusinya gan? terima kasih.

  11. Pada saat booting muncul baterai replace, n laptop sya baru tiga bulan beli n tipe baterai tanam. n hrs dipasang terus chargerny kl tidak mati laptopny. n ketika di charger kondisinya seperti diatas 0% terus. Namun sesekali baterainya normal n tahan sprti biasany tanpa chargernya dilepas. tp hal itu jarang skali terjadi. sya sudah coba tipsnya namun belum berhasil. Dimohon solusinya gan ! Terima kasih …….

  12. Semua cara gagal gan,,
    Tadi iseng liat properti acpi,,
    baru sadar ternyata punya microsoft,,
    Klo osnya di upgrade aja gimanga gan??,,
    Klo klo ada bug , unreport eror ,ato kena virus bisa auto fix gak??

    Sejarahnya gini,,
    Carger laptop ane rusak,,putus nyambung gitu kalo ngecas,,kirain yang rusak tuh ac adapternya,,abisnya ane pernah pinjem charger notebook temen,,kebetulan juga acer,,dulunya sih bisa,,tapi sekarang ngak,,makanya diambil kesimpulan ac adapternya rusak,,putar otak,ahirnya bisa ngecas gak putus nyambung klo ane ganjel dibawah chargernya,,itu udah ada 1 bulanan,,
    Terus beberapa hari lalu ga bisa charger lagi,,
    Sampe batrena abis,,kemaren ane pinjem charger laptop acer temen yang laen yang lebih baru tahun keluarannya,,waduh ternyata bisa hidup,,artinya bukan masalah di ac adapternya,,abisnya udah digoyang,diputer tetap idup,,,,tapi masalah lain dateng,,status batrenya jadi pluged in not charging,,
    Terus ane beli charger asli yang spesifikasi sama kayak charger lama,,siapa tau punya temen ga kompartible,,eeh ternyata masalahnya tetep sama,,klo hrus beli lagi budget udah kering niih,,ane udah coba semua saran di banyak situs termasuk di situs ini,,ga ada yang work gaan,, tolongin doong,,ada masukan dimana kesalahannya??

    1. Wah, kalo sejarahnya begitu, cara terakhir yang bisa dicoba, walau tetap gak ada jaminan berhasil, tinggal clean install, Gan.
      Format ulang HDD + install windows version yang sesuai dengan spek laptop Agan.

      O,ya. Sebelum diformat, jangan lupa backup semua data-datanya, ya.

      Untuk pertanyaan:
      Klo osnya di upgrade aja gimanga gan??
      Klo klo ada bug , unreport eror ,ato kena virus bisa auto fix gak??

      Ini jawabannya gak pasti, Gan. Dari pengalaman saya, ada yang berhasil solved, ada juga yang enggak. Jadi kemungkinannya 50:50, sih.

  13. Ka, kok icon battery di bawah itu ilang ya?
    Udah ke show or hide battery icon on the taskbar tapi power itu gak bisa di on in tetep off, kalau clock dll bisa di edit on/off nya. Kenapa power gabisa di on-in ya ka? Saya jadi gatau battery netbook saya bisa atau ngga. Btw lenovo s215

    1. Mungkin kamu bisa coba cara ini:

      answers.microsoft.com/en-us/windows/forum/windows_7-performance/cant-change-battery-icon-setting-icon-greyed-out/b8ee8d72-4a59-433f-be04-70fd39e1ef88

  14. Kalo laptop lenovo G40 saya slalu muncul notifikasi weak battery need to be replaced, yg tau gmn cara menghilangkannya komen ya

    1. Walau gak sama notebook modelnya, mungkin cara yang ada di artikel “ideapad Z510 ‘battery weak’ issue”* ini bisa dicoba, yaitu dengan mengupdate firmware-nya.

      *) support.lenovo.com/id/en/solutions/ht118115

      1. Gan kenapa saya tidak berhasil ya, padahal setiap detailnya sudah saya ikutin tetapi tetap saja not plugin dan lampunya jga berkedip merah putih
        Mohon sarannya ya gan, terimakasih
        #laptopdell

  15. saya akan mencobanya… semoga berhasil walau sebenarnya kasusnya beda… :v Kasus saya adalah 0% Available Plug in Charging… tapi gak pernah mengisi… 😀

    Awalnya battery baik2 saja, kuat 2 jam, tapi hari berikutnya langsung seperti itu. ada yang bilang harus dihabiskan dulu baru dicharge.. tapi tidak ada perubahan hingga akhirnya menjadi 0% 😀

    udah uninstall ACPI tapi, bisa sih tapi hanya 20 Detik indikator naik turun tapi setelah itu berhenti lagi 😀

    #Bismillah coba step by step cara diatas dulu 🙂

    1. Kasus nya sama kayak saya, solusi nya uninstall ACPI baterai nya lewat boot safe mode trus restart biasa langsung berhasil ngisi gan..

    1. Menurut saya, kasus ini lebih ke arah operating system-nya, Bro, bukan perkara brand.

      O, ya. Di beberapa kolom komentar ada solusi lain yang mungkin bisa dicoba.

      1. Punya saya mh 0% available(plugged in, charging) p tidak mw nambah daya y gmn ya gan?

    1. Silahkan:

      secangkirkafein.wordpress.com/2015/05/24/cara-mengatasi-baterai-lenovo-ideapad-s205-bermasalah-0-available-plugged-in-not-charging-solved/comment-page-1/#comment-696

  16. leptop saya lenovo g460 kasusnya sama punya agan, saya coba cara agan tapi kok tetep aja g mau ngecharge yaa ? (T-T)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s