Prosedur atau Cara Perpanjang Pajak STNK

Prosedur atau Cara Perpanjang Pajak STNK
Prosedur atau Cara Perpanjang Pajak STNK

Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap –biasa disingkat Samsat. Mayoritas pemilik kendaraan bermotor (Ranmor) tentu cukup familiar dengan istilah ini. Tapi, seberapa familiar? Saya yakin hanya sebatas, “Itu lho, tempat memperpanjang pajak STNK.” Apakah pernyataan ini benar? Tentu saja benar, tapi kurang tepat.

Dalam Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kendaraan Bermotor dijelaskan, bahwa Samsat adalah serangkaian kegiatan dalam penyelenggaraan Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan secara terintegrasi dan terkoordinasi dalam Kantor Bersama Samsat.

Gampangnya, Samsat hanya melayani segala perkara yang berkaitan dengan keabsahan kepemilikan kendaraan bermotor kita—seperti; Regident (registrasi dan identifikasi) ranmor, pembayaran pajak ranmor, dan pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (SWDKLLJ)—dan tidak melayani pengurusan Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Mencari kendaraan yang sesuai dengan domisili kita itu gampang-gampang susah. Kadang butuh berbulan-bulan untuk mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan budget dan keinginan. Bahkan tak jarang sampai tahunan.

Kata orang, uang bukan segalanya. Betul. Tapi segalanya butuh uang. Dengan uang, segala urusan jadi gampang. Termasuk mencari kendaraan yang sesuai keinginan. Hari ini kepingin, hari ini juga bisa dianterin.

Bagi orang yang dananya pas-pasan seperti saya, harus ikhlas sering-sering tarik-ulur urat sabar. Giliran spek dan dananya sesuai ukuran kantong, rumah yang punya beda dua kota. Giliran satu kota, nomor rangka dan nomor STNK tidak sama. Giliran nomor rangka dan nomor STNK-nya sama, harga jualnya “rada-rada.” Pedagang pula. Sulit betul mencari kendaraan yang penjualnya adalah pemakai kendaraan itu sendiri.

Hampir setahun pencarian, akhirnya saya temukan spek kendaraan yang hampir mendekati keinginan. Yah, walau jarak rumahnya tidak dekat-dekat amat, yang penting harga jualnya ratusan ribu lebih murah dari harga pasaran standar. Untungnya lagi, KTP bisa pinjam untuk perpanjang pajak STNK di tahun-tahun mendatang.

Jangka waktu setahun hampir berlalu. Pajak kendaraan harus segera dibayarkan. Karena domisili pemilik sebelumnya (yang tertera di STNK) berada di sekitar Kelurahan Kreo, maka saya harus mencari terlebih dahulu, lokasi kantor Samsat terdekat.

Pilihan pertama jatuh pada Kantor Samsat Ciledug. Tapi, apakah masih tersedia alternatif lokasi Samsat terdekat, selain yang di sana?

Seingat saya, ada. Saat mampir ke Mall Giant, Kreo (dulu Mall Hero), sekitar 2 tahun lalu, secara tak sengaja saya melihat plang nama gerai Samsat yang letaknya berada di counter kedua sebelah kiri dari pintu masuk samping yang menghubungkan mal dengan area parkir kendaraan.

Untuk memastikan gerai Samsat Kreo—yang semula direncanakan buka pada bulan Maret 2012, namun molor hingga bulan Mei 2012—ini masih beroperasi, saya datang ke sana untuk mencari informasi dari sekuriti atau siapa saja yang saya temui.

“Masih, Bang!” kata seorang office boy yang saya tanya.

“Bukanya jam berapa sampai jam berapa, Pak?”

“Dia (gerai Samsat) buka dari jam 2 (sore) sampe jam 7 (malem), Bang.”

“Oke. Terima kasih banyak, Pak!” salim (jabat tangan) tanpa cium tangan, kemudian bubar jalan.

Untuk sementara, informasi tersebut saya anggap cukup. Soal hari operasional, urusan belakangan. Perkiraan paling gampang, hari Senin sampai Jum’at. Saya anggap Sabtu-Minggu, libur, macam office hour. Mereka, kan, PNS.

Dari informasi yang berhasil saya gali, gerai Samsat ini sendiri melayani perpanjangan pajak kendaraan bermotor tahunan R2 (roda dua) dan R4 (roda empat). Wilayah Kecamatan Ciledug, Cipondoh, Pinang, Larangan, dan Karang Tengah.

Mengingat-ingat pengalaman pribadi dan mengklarifikasi dari beberapa referensi, beberapa berkas/dokumen yang sekiranya diperlukan, saya persiapkan;

  • KTP asli + fotocopy
  • BPKB asli + fotocopy
  • STNK asli + fotocopy

Yang perlu diperhatikan adalah nama pada KTP harus sesuai dengan nama yang tertera pada BPKB dan STNK. Kalau tidak sama, terpaksa harus balik nama, sebab jika tidak demikian, proses perpanjangan pajak kendaraan tidak bisa dilakukan.

Ah! Jangan lupa persiapkan uang kontan. Tambahkan jumlahnya sedikit lebih banyak dari angka nominal yang tertera pada STNK saat ini.

Pada kasus saya:

Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahun lalu = 148,500 Rp

SWDKLLJ = 35,000 Rp

Total = 183,500 Rp

Untuk mengantisipasi munculnya biaya gono-gini yang tak dikehendaki, saya bawa uang 300,000 Rp. Cari aman, daripada mondar-mandir gak karuan gara-gara uang kurang.

Tiba di gerai Samsat Giant Kreo, pukul 14.05. Walau jam bukanya pukul dua, tapi antrian pemohon perpanjangan pajak STNK saat itu sudah membludak—sekitar 15 orang. Ruang sempit yang penuh sesak membuat saya sulit bergerak.

Semua dokumen yang dibawa, saya serahkan kepada petugas pemeriksa yang merangkap fungsi fotocopy sekaligus. Karena berkas asli + fotocopy sudah lengkap, seluruh berkas itu langsung dia masukkan ke dalam sebuah map (mayoritas berwarna kuning), kemudian ditumpukkan sesuai dengan antrian waktu kedatangan.

Bagaimana kalau kalian lupa membawa fotokopi dokumen-dokumen tadi?

Jangan khawatir. Gerai Samsat yang dibuka pada Mei 25, 2012 lalu ini sudah menyediakan mesin fotokopi + petugas yang akan membantu membuat kopi dokumen tersebut—masing-masing 1 lembar. Untuk hal ini, tentu dikenakan biaya tersendiri.

Pukul 14.06 saya mulai menunggu. Antrian yang demikian panjang, membuat saya berpikir, proses perpanjang pajak STNK kali ini pasti bakal makan waktu lebih lama dari biasanya. Minimal 1 jam.

Satu per satu, antrian kursi depan mendapat panggilan. Kursi baris kedua juga sama. Beberapa kursi mulai kosong ditinggal pen-duduk-nya.

Panggilan STNK atas nama motor saya akhirnya datang juga. Pukul 14.26, sejauh ingatan saya. Atau, hanya 15 menit sejak berkas saya dimasukkan ke dalam map dan ditumpuk.

“188,000 Rp” ucap kasir berjilbab dari balik meja bar sana,

Uang sejumlah 200,000 Rp saya serahkan. 12,000 Rp dia kembalikan, berikut BPKB, STNK, dan KTP. Jumlah pajak yang harus dibayarkan masih sama dengan tahun lalu. 183,500 Rp. Dengan rincian; SWDKLLJ sebesar 35,000 Rp dan PKB (bukan Partai Kebangkitan Bangsa) sebesar 148,500 Rp.

Antara pajak kendaraan yang harus dibayarkan (183,500 Rp) dengan jumlah uang yang harus saya berikan (188,000 Rp) ternyata selisih 4,500 Rp. Mungkin untuk fee administrasi?

Sampai di sini, urusan saya telah selesai. Tapi, supaya lebih mudah lagi, berikut saya urai langkah-langkahnya untuk kalian;

  • Dari rumah, siapkan BPKB, STNK, dan KTP (harus sesuai dengan nama pada BPKB dan STNK)
  • Fotocopy ketiga dokumen tersebut masing-masing 1 lembar
  • Khusus BPKB, yang di-fotocopy adalah lembar Identitas Kendaraan dan Dokumen Registrasi Pertama
  • Datang ke Gerai Samsat Mal Giant, Kreo
  • Menyerahkan seluruh dokumen asli + fotocopy. Kalau lupa mem-fotocopy, jangan khawatir, di gerai Samsat ini tersedia mesin fotocopy. Tentu ada biaya tersendiri yang akan dikenakan kepada kalian
  • Petugas menyusun berkas tersebut ke dalam sebuah map (mayoritas kuning), dan ditumpuk berdasarkan nomor antrian
  • Menunggu antrian. Dari pengalaman saya, hanya sekitar 15 menit saja
  • Kasir memanggil
  • Bayar sesuai dengan nominal pajak kendaraan yang dikenakan. Pada kasus saya, ada selisih biaya sebesar 4,500 Rp yang saya tidak tahu untuk apa peruntukannya. Mungkin fee administrasi
  • Cek dan ricek KTP, STNK, dan BPKB. Untuk memastikan dokumen yang saya terima tidak tertukar dengan milik orang lain
  • Bawa pulang STNK baru yang pajaknya telah diperpanjang satu tahun ke depan.

 

Tips mengurus perpanjangan STNK di Gerai Samsat Giant Kreo

  • Datang lebih awal (mendekati jam buka gerai, pukul 14.00) tidak terlalu berpengaruh, karena pada sekitar pukul 14.30, tak lama setelah proses perpanjangan selesai saya lakukan, gerai mulai sepi.
  • Bagi yang sudah mem-fotocopy ketiga dokumen tersebut dari rumah, segera satukan dalam sebuah kantong plastik. Jadi, begitu sampai di gerai, tinggal menyerahkan saja kepada petugas. Tak perlu repot-repot mensortir lagi.
  • Memperpanjang pajak STNK di Kantor Samsat, sebenarnya sama cepat. Namun, ukuran gedung kantor yang biasanya lebih luas dan memiliki beberapa counter tentu dapat membuat kita gampang kebingungan. Sejauh pengalaman mengurus perpanjangan STNK, gerai Samsat yang berada di Mal-mal tetap saya anggap alternatif terbaik, karena prosesnya dilakukan di “satu pintu.” Kita tinggal datang, serahkan berkas, dan tunggu panggilan. Tak perlu pindah-pindah counter.
  • Perhatikan nominal pajak kendaraan tahun lalu (di STNK). Bawa uang sedikit lebih banyak dari nominal tersebut. Ini dilakukan demi mengantisipasi kekurangan uang, bila ternyata ada biaya tak terduga yang harus dikeluarkan.
  • Bagi yang tidak memegang uang kontan, tenang. Mal Giant Kreo memiliki fasilitas beberapa mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), seperti BCA, BNI, Mandiri, dan lain-lain.
  • Gerai Samsat Giant Kreo tidak melayani perpanjangan pajak STNK 5 tahunan. Hanya melayani perpanjangan pajak STNK tahunan saja. Untuk pajak 5 tahunan, harus datang ke kantor yang lebih besar—seperti Kantor Samsat Ciledug.
  • Jangan sampai telat perpanjang pajak. Sebagai gambaran saja, untuk motor tahun 90-an yang dulu saya pernah punya, telat setahun dendanya 50,000 Rp.

***

Jika dibandingkan dengan bertahun-tahun yang lalu, cara pengurusan perpanjangan pajak STNK sekarang jelas lebih gampang. Prosedurnya pun sederhana. Kabar baiknya, gerai Samsat “satu pintu” kini bertebaran di mana-mana, baik di wilayah Tangerang mau pun Jakarta. Jadi, tak ada alasan lagi menunda-nunda pembayaran pajak kendaraan bermotor kalian, kan? [BEM]

 

Peta dari Gerai Samsat Giant Kreo ke Kantor Samsat Ciledug
Peta dari Gerai Samsat Giant Kreo ke Kantor Samsat Ciledug

 

Peta dari CBD Ciledug ke Gerai Samsat Cipondoh
Peta dari CBD Ciledug ke Gerai Samsat Cipondoh

 

Peta Gerai Samsat Cipondoh
Peta Gerai Samsat Cipondoh

 

Lokasi Samsat Tangerang yang relatif dekat dengan Jakarta (urutan dari terdekat sampai terjauh)

Gerai Samsat Giant Kreo

Jl. HOS Cokroaminoto No. 53-54, Ciledug – Tangerang

Jam operasional:

Senin s/d Jum’at = 14.00-19.00

Sabtu s/d Minggu = Libur

 

Kantor Samsat Ciledug

Jl. Raden Fattah, Kota Tangerang, Banten, 15151

Telp.: (021) 733.1036

Jam operasional:

08.00 – 15.00

 

Gerai Samsat Cipondoh

Jl. KH. Hasyim Sahari KM.3 No. 85, Kelurahan Gondrong, Kecamatan Cipondoh –Tangerang

 

Gerai Samsat City Mall Tangerang

Jalan M. Toha KM.1 No. 1, Tangerang, Banten, Indonesia

Jam operasional:

Senin s/d Kamis = 10.00–12.00 dan 13.00-14.00

Jum’at = 10.00-11.00 dan 13.00-14.00

Sabtu = 10.00-12.00

Advertisements

61 thoughts on “Prosedur atau Cara Perpanjang Pajak STNK”

  1. Mau tanya dulu wkt sy balik nama motor sy pake ktp yg lama dan skr ktp nya sdh ganti pake ektp dan alamat rumah sdh pindah tapi masih sama sama di kota tangerang cuma beda kecamatan,apa motor sy bisa di perpanjang stnk nya.

    1. Kalo merujuk ke artikel INI (pemilik sama, namun pindah domisili/alamat), jawaban dari pihak terkait, kira-kira seperti begini:

      “Administrasi dalam pengurusan SIM dan STNK identitas pemilik harus sesuai dengan identitas yang ada pada KTP, untuk SIM nantinya bisa diperpanjang melalui SIM online dengan ketentuan belum habis masa berlakunya.”

  2. haloo mas makasih atas artikelnya kemarin saya malah naik beberapa persen dan itunganya saya denda 3 hari kena 1 taun apakah benar ya,,, mohon pencerhanya

  3. hii, saya mau tanya apakah bisa kalau bpkb alamat jakarta diperpanjang di samsat giant kreo?
    apa bisa stnk mobil yg sudah mati diperpanjang disana jg?
    terima kasih

    1. Hai hai…

      Sayangnya samsat Giant Kreo hanya melayani pajak kendaraan Tangerang Kota, sesuai wilayah kerjanya. Nah, soal pajak stnk mobil yang mati, bisa diperpanjang di sana asal bukan perpanjangan lima tahunan, ya. 😀

  4. mas klw BPKBnya di sekolahin tanpa fotocoy BPKB bisa ngak iya?? perpanjang pajak . bulan ini mati nech.
    makasih iya.

  5. gerai smsat giant kreo sekarang masih ada ga gan? dan kalo ktpnya hasil pinjam pemilik pertama yg sesuai stnk, bpkb bisa diproses ga gan?

  6. mas kalau cuma alamatnya yang sama tapi namanya beda apakah bisa? soalnya STNk atas nama mama saya sedangkan saya sedang di daerah lain
    apakah tetap bisa diperpanjang atau harus pakai nama yang tertera di STNK?
    thanks

      1. assalam
        mas mau nanya,,
        BPKB asli Saya Hilang, Tapi fotocopynya ada,,, apa bisa menurus pajak 1 atau 5 tahunan ?
        soal Stnk Asli dan Ktp Asli ada,, tapi BPKB nya Tinggal FC nya..

        infonya mas

      2. Waalaikumsalam…

        Di beberapa wilayah di Indonesia, ada yang sudah menerapkan proses perpanjang pajak STNK tanpa BPKB, seperti misalnya di Gresik dan Pekalongan.

        Tapi, kalo diperhatikan lagi, kayaknya poin “tanpa BPKB” ini lebih ke arah kendaraan yang BPKB-nya masih ada di leasing (kendaraan kreditan), digadaikan di Koperasi atau lembaga keuangan lainnya (perhatikan pasal 83 ayat 2, huruf d), dan bukan untuk kasus “BPKB hilang atau rusak.” CMIIW.

        Untuk lebih jelasnya, coba deh kamu baca; PERATURAN KEPALA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 5 TAHUN 2012, TENTANG REGISTRASI DAN IDENTIFIKASI KENDARAAN BERMOTOR, khususnya pasal 78 sama 83. Atau biar lebih mudah, saya kopikan di sini aja:

        =======================
        REGISTRASI DAN IDENTIFIKASI PENGOPERASIAN RANMOR

        Pasal 78

        (1) Registrasi dan identifikasi pengoperasian Ranmor dilakukan dengan menerbitkan STNK untuk:
        a. Ranmor baru:
        —1. CKD;
        —2. CBU;
        —3. kedutaan; dan
        —4. lembaga internasional.
        b. Regident Ranmor pertama kali:
        —1. hasil lelang Ranmor dinas TNI/Polri; dan
        —2. hasil lelang temuan Direktorat Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, atau Polri;
        c. perubahan identitas:
        —1. Ranmor berupa penggantian bentuk, warna, mesin, nomor registrasi, dan fungsi; dan
        —2. pemilik Ranmor berupa penggantian nama dan alamat identitas pemilik.
        d. pemindahtanganan kepemilikan Ranmor;
        e. penggantian STNK karena rusak atau hilang; dan
        f. pengesahan dan/atau perpanjangan.

        (2) Penerbitan dan penggantian STNK sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipungut biaya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan, kecuali pengesahan STNK.

        =======================
        Persyaratan Pengesahan dan/atau Perpanjangan STNK

        Pasal 83

        (1) Persyaratan pengesahan STNK sebagaimana dimaksud dalam Pasal 78 ayat (1) huruf f meliputi:
        —a. mengisi formulir permohonan;
        —b. melampirkan tanda bukti identitas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 79 huruf b;
        —c. STNK; dan
        —d. keterangan buka blokir dalam hal STNK berada dalam status blokir;

        (2) Persyaratan perpanjangan STNK sebagaimana dimaksud dalam Pasal 78 ayat (1) huruf f meliputi:
        —a. mengisi formulir permohonan;
        —b. melampirkan tanda bukti identitas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 79 huruf b;
        —c. STNK;
        —d. BPKB dan fotokopi BPKB atau dalam hal BPKB dijadikan jaminan bank, harus disertakan surat bukti pengagunan BPKB dan/atau surat keterangan bermeterai cukup dari kreditur;
        —e. keterangan buka blokir dalam hal STNK berada dalam status blokir; dan
        —f. hasil pemeriksaan cek fisik Ranmor.

  7. Kalau pajak telat di Giant bisa juga kah? Kemudian saya dapat info BPKB tidak perlu hanya ktp dan stnk saja. Apakah itu benar ya? Thanks sebelumnya…

    1. Sepengalaman saya pajak telat di Giant juga bisa.

      Untuk BPKB;
      Selama beberapa kali saya perpanjang, belum pernah liat satu orang pun yang datang perpanjang pajak cuma bawa KTP & STNK doang, ya. Saran saya sih, bawa semua dokumen yang diperlukan, biar gak bolak-balik kalau ternyata tanpa BPKB gak bisa. 😀

  8. Nanya mas,saya mau perpanjang stnk motor a/n almarhum ortu.kl surat2 dan ktp msh lengkap bisa langsung aja diwakilin kan ya?thx

  9. kalau saya masih sangat bingung apa latar belakannya dibuat aturan kalau stnk alamatnya harus sama dengan ktp, kenapa ga sama kaya PBB/pajak bumi dan bangunan, kita bisa beli tanah atau rumah dimana saja dan untuk mengurus mutasi pbbnya g harus tuh sama dengan alamat ktp.

  10. saya mau tanya mas,,tgl 20 may jatuh tempo stnk motor saya,,saya sudah pindah alamat,,ktp baru ikut alamat suami..sedangkan stnk dan bpkb masih alamat lama tapi masih daerah jakarta barat juga..kira2 biaya nya berapa yah??mohon bantuan nya terima kasih

    1. Untuk rincian biayanya saya kurang tahu, Mbak. Tapi kalau melihat dari contoh STNK Pindah Alamat INI, sepertinya perbandingan biayanya tidak terlalu signifikan (perhatikan bagian BIAYA ADM STNK).

      Untuk cara perpanjang STNK pindah alamat, artikel yang dibuat tanggal 25 Januari 2016 ini mungkin bisa dijadikan acuan. Kebetulan domisilinya di wilayah Jakarta Barat juga: dibacaonline.com/2016/01/cara-perpanjang-stnk-plat-motor-dan.html

  11. bagaimana aturannya? pajak yg kita bayar adalah semua yang tertera di stnk, apa ada biaya lain diluar itu? bukannya pengesahan stnk itu bukannya tugas mereka dan sudah digaji bwt itu. Apa ini sejenis pungutan liar?

    1. Kalau itu termasuk pungutan liar atau bukan, saya kurang tahu, ya.

      Tapi kalau merujuk ke artikel di situs HukumOnline bertanggal Selasa, 10 Mei 2016, INI (lihat bagian “Poin III Penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)”), Biaya Pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) = Rp. 0,00

  12. 7. Silahkan tunggu hingga nama anda dipanggil. STNK baru anda telah diperpanjang satu tahun ke depan.

    setelah langkah ini saya dimintai uang untuk pengesahan stnk?
    apa ada namanya biaya pengesahan stnk dan apa harus dibayar? saya minta kwitansi pembayarannya gk mw dikasih disini gk ada pakai kwitansi katanya.

    Mohon pencerahannya

    1. Beberapa kali saya perpanjang STNK, memang gak pernah dikasih kwitansi.

      Tapi kalo mau melihat biaya-biayanya, ada kok rincian pembayarannya untuk apa saja di lembar STNK, seperti misalnya: BBN-KB (Bea Balik Nama – Kendaraan Bermotor), PKB (Pajak Kendaraan Bermotor), SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan), BIAYA ADM. STNK, dan BIAYA ADM. TNKB.

      1. semua yg tertera di stnk sudah dibayar. tp pas pengambilan stnk dimintai uang lg, katanya bwt pengesahan stnk

  13. Mas mau tanya nih, motor saya tahun 2005 tapi di stnk dan plat nomor habisnya 2017 bukannya harusnya 2015 atau 2020, kok ada selisihnya ya mas?
    Ane beli second motornya

    1. Lho, kan syarat-syaratnya sudah saya jelaskan di atas, Mbak. Syarat mana lagi ya, yang Mbak maksud? Syarat perpanjangan pajak motor 5 tahunan kah?

      Atau begini aja deh, saya kopi-kan yang versi NTMC, ya. Siapa tahu lebih mudah dipahami. 🙂

      Gambaran umum proses perpanjang pajak STNK

      1. Isi formulir permohonan perpanjang STNK sesuai data di STNK dan BPKB. Formulir dapat di ambil di loket pendaftaran. Lengkapi formulir dengan lampiran berkas yang dibutuhkan. Berkas yang harus dilampirkan:

      Perpanjangan pajak STNK tahunan
      – STNK Asli + Fotokopi
      – Fotokopi BPKB
      – KTP asli + Fotokopi sesuai nama di STNK dan BPKB

      Perpanjangan Pajak STNK Lima Tahunan
      – Cek Fisik Kendaraan
      – STNK Asli + Fotokopi
      – Fotokopi BPKB
      – KTP asli + Fotokopi sesuai nama di STNK dan BPKB

      2. Selesai melengkapi berkas, serahkan berkas permohonan perpanjang Pajak STNK tersebut ke Loket Penyerahan berkas.
      3. Silahkan tunggu sampai dipanggil nama sesuai data yang tercantum di STNK.
      4. Anda akan diberikan slip pembayaran Pajak yang telah tercantum biaya pajak yang harus dibayar.
      5. Serahkan Slip pembayaran dan uang sebesar biaya pajak ke Kasir.
      6. Selesai membayar pajak, anda akan memperoleh bukti pelunasan pembayaran pajak dan bukti tersebut diserahkan ke loket Pengambilan STNK.
      7. Silahkan tunggu hingga nama anda dipanggil. STNK baru anda telah diperpanjang satu tahun ke depan.
      8. Untuk proses lima tahunan, setelah selesai proses pembayaran pajak STNK, bawa bukti pembayaran pajak tersebut ke loket pengambilan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) untuk mengambil Plat nomor yang baru.

      Catatan:
      – Proses perpanjangan Pajak STNK dapat dilakukan di Samsat keliling*, Gerai Samsat* dan di Kantor Samsat setempat.
      – BPKB dan KTP asli dibawa untuk bukti keaslian

      *hanya untuk proses perpanjang pajak tahunan.

  14. Aslamualikum
    Mau tanya ni saya mau perpanjang stnk tapi alamat di stnk daerah pamulang bisa ga mas perpanjangnya di samsat sekitar ciledug

    1. Waalaikumsalam…
      Setahu saya gak bisa, Mas, karena sudah beda wilayah. Pamulang masuk ke wilayah Tangerang Selatan, sementara Ciledug masuk ke wilayah Tangerang Kota.

      Kalau pajak kendaraan yang berdomisili Pamulang dibayar di Samsat Ciledug, Pemkot Tangsel bisa rugi, karena dana yang seharusnya bisa masuk ke kas Pendapatan Asli Daerah (PAD) mereka, malah masuk ke kas PAD wilayah lain. Begitu pun sebaliknya. CMIIW.

    1. Pernah saya bahas di salah satu komentar. Rumus perhitungan denda telat perpanjang STNK kira-kira begini Mas Mis:

      secangkirkafein.wordpress.com/2015/03/14/prosedur-atau-cara-perpanjang-pajak-stnk/comment-page-1/#comment-411

    1. Rumusnya kira-kira begini Mbak Suki:
      – Perhitungan Denda PKB = 25% per tahun
      – Terlambat 3 bulan = PKB x 25% x 3/12
      – Terlambat 6 bulan = PKB x 25% x 6/12
      – Denda SWDKLLJ = 32,000Rp untuk roda 2 dan 100,000Rp untuk roda 4

      === Contoh cara menghitung ===
      – Motor telat bayar pajak 3 tahun
      – Nominal PKB di STNK = 100,000Rp
      – SWDKLLJ di STNK = 35,000Rp

      Maka rumusnya adalah:

      Denda 1 tahun
      = (PKB x 25%) + SWDKLLJ
      = (100,000Rp x 25%) + 32,000Rp
      = 57,000Rp
      Total denda 3 tahun = 57,000Rp x 3 = 171,000Rp

      Pajak Kendaraan Bermotor 1 tahun
      = PKB + SWDKLLJ = 100,000Rp + 35,000Rp
      = 135,000Rp
      Total PKB 3 tahun = 135,000Rp x 3 = 405,000Rp

      Jadi total PKB + Denda 3 tahun yang harus dibayarkan
      = Total denda 3 tahun + Total PKB 3 tahun
      = 171,000Rp + 405,000Rp
      = 576,000Rp

      Kaleng plat nomor mati atau habis masa berlakunya harus diganti. Perkiraan sekitar 30,000Rp
      Kendaraan yang akan dibalik nama, biasanya harus dicek fisik. Biaya legalisir cek fisik sekitar 30,000Rp
      Pendaftaran mutasi dan balik nama sekitar 75,000Rp
      Plastik STNK sekitar 2,000Rp
      Biaya mengurus BPKB motor sekitar 80,000Rp, sementara BPKB mobil sekitar 100,000Rp
      Menurut beberapa berita yang saya baca, di beberapa daerah, Biaya Balik Nama + denda PKB dihapuskan. Apakah ini untuk seluruh wilayah di Indonesia, saya kurang tahu persis. Tapi kalau memang demikian, tentu akan mengurangi beban biaya pajak keseluruhan.

      Dari perkiraan perhitungan di atas, kalau saya ada di posisi Mbak Suki, saya akan mempersiapkan dana sekitar 1-1.5 juta rupiah. Cari aman.

      NOTE
      Saya bukan petugas samsat. Informasi yang disampaikan di komentar ini hanya bersifat membantu dan bukan berdasarkan pengalaman pribadi (summary materi dari berbagai sumber), jadi sangat mungkin mengandung unsur kesalahan. Jika ditemukan, tolong dikoreksi.

  15. Assalam…
    Mas sya punya motor dapet beli seken,bpkb ada.gmna klo mau perpanjang pajak smentara ktp s empunya tdk ada( meninggal) gmna itu ngurus’y?trims

    1. Waalaikumsalam…

      Kalau si empunya sudah meninggal, mau gak mau harus balik nama Mas, karena tanpa KTP asli pemilik sebelumnya pajak gak akan bisa diperpanjang. Untuk mengurusnya harus ke Kantor Samsat, gak bisa dilakukan di gerai mereka–seperti di artikel ini. Prosesnya lebih panjang, tapi jangan khawatir, pengurusan pajak kendaraan sekarang relatif lebih cepat dan gampang ketimbang yang sebelum-sebelumnya.

  16. bukan kabar burung sih mas saya sudah tanya langsung kemaren ke petugas samsatnya dan memang benar sudah tidak dapat diberlakukan lagi untuk yg namanya surat domisili tsb, kalo begitu terimakasih ya mas atas info dan waktu luangnya untuk membahas permasalahan saya

  17. mas saya mau tanya dong saya ada permasalahan alamat di stnk dan di ktp berbeda karna alamat ktp saya lampung terus saya ambil motor di bogor, waktu itu saya ambil motornya pake surat domisli(alamat kosan, maklum mahasiswa), semetara info yg saya dapat surat domisili sudah tidak dapat diberlakukukan lagi, jadi untuk perpanjangnya stnk saya sistemnya gimana ya mas, sementara dibpkb juga alamat yg tertera disurat domisili tersebut, mohon pencerahannya mas terimakasih sebelumnya.

    1. Mas Vikki dapat infonya dari mana?
      Samsat Bogor langsung?
      Orang yang mengalaminya langsung?
      Atau dari kabar burung yang belum tentu kebenarannya?
      Kalau dapatnya dari jenis yang terakhir, sepertinya Mas Vikki harus klarifikasi sendiri ke Samsat terdekat.
      Sayangnya, pengetahuan saya juga sama dengan pengetahuan Mas Vikki tentang surat domisili. Lebih dari itu–apakah ada perubahan prosedur terbaru atau tidak–saya juga kurang tahu.

      Kalau saya jadi Mas Vikki, saya tetap akan menyiapkan seluruh dokumen persyaratan perpanjang STNK seperti yang biasanya dilakukan. Kemudian mendatangi kantor Samsat STNK terdekat untuk keperluan membayar pajak. Setelah itu, mencoba mengikuti prosesnya seperti biasanya. Kalau ternyata memang sudah tidak bisa menggunakan surat domisili lagi, saya akan langsung menanyakan dengan detil kepada petugas terkait, perihal apa saja yang harus dilakukan supaya proses pembayaran pajak kendaraan bermotor saya bisa segera dilakukan. Dengan cara seperti ini, akurasi informasi yang saya terima tentu jauh lebih valid (seharusnya), karena didapat dari pihak yang memang berkompeten alias sumbernya langsung (Samsat STNK).

      1. Mas STNK sya kn tangerang kota karang tengah, itu kn harus pke KTP asli, tpi sya kn bli motor tangan ke3 nih mas, cumn sya gk punya KTP pemilik ya, terus mau blik nama KTP sya buka wilayah tangerang jdi kn gk bisa, kalau sya mau byar pajak gimana bisa gk mas cumn ada BPKB dan STNK doang

      2. Sepanjang pengalaman saya gak bisa, Mas Asef. Kita harus bawa KTP pemilik.

        Tapi saya pernah denger ada yang bilang; nembak KTP, bisa. Tapi saya kurang tahu informasi ini betul atau enggak. Belum pernah coba soalnya.

    1. Sejauh pengalaman saya memperpanjang pajak STNK, baik di gerai Samsat mau pun di kantor Samsat, KTP asli wajib hukumnya. Tanpa KTP asli, petugas gak mau memproses. Kurang tahu kalo peraturan itu sekarang sudah berubah, ya.

  18. iya..mas . di kota saya di bandarlampung. cukup bawa BPKB,STNK,KTP asli sesuai yg tertera di STNK/BPKB aja. nggak perlu fotocopynya .Samsat hanya ada di mall kartini dan di mall chandra. kalo datang pas pagi2 buka, antrian nggak lama paling 5 orang. ambil nomor antrian trus tunggu panggillan. serahin berkas dan nunggu nggak lebih 10 menit. dipanggil namanya trus bayar trus bawar berkas yg baru trus pulang deh. quick , simple and excellent.

  19. Hhheeeeemmmmm, kok beda ya?

    Di tempatku ga seribet itu prosesnya.
    Cukup nyerahin STNK & KTP (dua2nya asli), trus ga sampe 5 menit sudah beres.

    1. STNK+KTP asli dan mereka (orang Samsat) gak perlu fotokopi?
      Gak ada mesin fotokopi di Samsat? Wah, hebat.
      Berarti proses perpanjang STNK di sana udah digital semua, ya?

      Nah, itu yang 5 menit, antriannya sampe 15 orang gak?
      Kalo sampe 15 orang juga dan bisa kelar dalam waktu 5 menit, canggih juga tuh.
      Mesti ditiru sama Samsat sini.

      1. Ada kok mesin fotokopi di Samsat, lokasinya malah di deket loket perpanjangan STNK (soalnya memang loketnya di luar ruangan) :p

        Antrian kmrn ga terlalu panjang, sekitar 3 orang. Kalau hitungan 5 menit untuk 3 orang, brarti proses entri data + ngeprintnya lumayan cepat

      2. Kalau di Samsat ada mesin fotokopi, berarti kalimat “Cukup nyerahin STNK & KTP (dua2nya asli)…” di komen sebelumnya itu, artinya tetap butuh fotocopy dokumen juga atau enggak?

        hemmm… iya sih lumayan cepet.
        sekarang, coba kita main itung2an:
        5 menit = 3 orang. berarti per orang butuh waktu sekitar 1.666 menit (dapat dari 5 min / 3 org).
        di sini:
        15 menit = 15 orang. berarti proses fotocopy, data entry, plus ngeprint STNK baru, per orang butuh waktu sekitar 1 menit (dapat dari 15 min / 15 org).
        beda 0.666 menit. yah, itungannya masih lumayan cepet lah ya. :p

        *Edisi iseng. Ngitung2 hal yang gak penting.

      3. Menurutmu, ppas kubilang “Cukup nyerahin STNK & KTP (dua2nya asli)…”, brarti masih butuh fotokopi apa enggak? #Ditanyain

        @_@

      4. Mana kutau. Makanya nanya. Mastiin.
        Sejauh ini, di sini, setiap ngurus sesuatu yang berkaitan sama surat-surat kendaraan itu, pasti selalu butuh fotokopi.
        walau pun awalnya cuma serahin dokumen asli, petugas samsat pasti bakal mem-fotokopi dokumen2 itu juga. gak pernah enggak.

      5. Kalo di sini, perpanjangan pajak tahunannya ga pake fotokopi. Petugas cuma ngentry data, ambil dokumen asli, trus nyerahin dokumen baru.

        Belum tahu lagi klo yg ngurus pajak 5 tahunan atau balik nama kendaraan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s