Cara Mengurus/Mencairkan Dana BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek)

Logo BPJS KetenagakerjaanPencairan dana Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan—sebelumnya Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek)—telah saya diamkan selama bertahun-tahun. Alasannya sederhana. Yang ada dipikiran saya, setiap berurusan dengan sesuatu yang bersifat ‘sosial’ seperti ini, pasti banyak tetek bengeknya. Diminta ke sini. Diminta ke situ. Birokrasi di mana-mana. Tetapi, begitu saya putuskan untuk mencoba mengurusnya…

Menuju ke lokasi

Karena sering lewat, maka saya putuskan untuk mengurus pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan ini di kantor cabang Setiabudi, Menara Jamsostek lantai 2 (Gedung Utara).

Kantor Cabang Setiabudi (Jakarta Selatan II)

Menara Jamsostek Lt. 2

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 38

Jakarta Selatan

Telp. (021) 5279318 s/d 23

Fax. (021) 5279324/5

Jadi, bila kalian datang dari arah Cawang, setelah perempatan kuningan-mampang, lokasi Menara Jamsostek terletak persis di sebelah kiri jembatan penyeberangan orang pertama. Seringnya, kondisi lalu lintas di bawah jembatan penyeberangan ini, macet. Entah karena awak bus yang sedang menaik-turunkan penumpang, bus yang ngetem, atau akibat dari antrian kendaraan yang hendak keluar-masuk gedung tersebut.

Peta Lokasi Menara Jamsostek Jakarta Selatan
Peta Lokasi Menara Jamsostek Jakarta Selatan

Jika kalian datang dari arah Plaza Semanggi, ikuti terus Jalan Gatot Subroto. Begitu ketemu flyover pertama, jangan naik. Ambil jalur kiri (bawah). Tak jauh dari situ, ada putaran di kolong flyover (sebelum lampu merah Kuningan-Mampang). Segera putar balik.

Nanti, begitu ketemu dengan jembatan penyeberangan orang pertama, berarti kalian telah sampai di lokasi. Gedung ini sangat mudah dikenali, karena terdapat tulisan “Menara Jamsostek” di bagian pagar depannya.

 

Area parkir ke lantai 2

Bagi yang membawa motor, area parkir terletak di lantai Basement I. Jadi, begitu masuk gerbang Menara Jamsostek (dari Jalan Raya Gatot Subroto), tinggal lurus, kemudian turun menuju lantai basement.

Berbeda dengan parkir motor. Bagi yang membawa mobil, area parkir terletak di sekeliling pelataran gedung. Jadi, begitu masuk gerbang Menara Jamsostek (dari Jalan Raya Gatot Subroto), langsung ambil kiri ke arah lobby. Jangan ke kanan, sebab kalian hanya akan keluar ke jalan raya lagi.

Dari area parkir basement, carilah lift menara utara. Naik lift ke lantai satu. Kemudian ganti lift di seberangnya untuk naik ke lantai 2.

Note:

  • Biaya parkir motor 2,000 Rp per jam. Sementara parkir mobil 3,000 Rp per jam.
  • Urusan parkir ini bisa saja berubah sewaktu-waktu. Tergantung kebijakan dari pengelola gedung bersangkutan.

 

Proses pencairan dana

Bagi yang baru pertama kali mengurus pencairan dana BPJS seperti saya, mungkin akan sedikit bingung ketika sampai di kantor cabang BPJS. Harus memulai dari mana, ke counter mana, mempersiapkan dokumen apa, dan melakukan apa setelahnya.

formulir 5 - Permintaan Pembayaran Jaminan Hari Tua (JHT)
formulir 5 – Permintaan Pembayaran Jaminan Hari Tua (JHT)

Tapi jangan khawatir. Kalian tidak perlu mengalaminya. Karena saya akan memberikan panduan perihal prosedur atau langkah-langkah apa saja yang harus dilalui, mulai dari awal, hingga pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) selesai. Berikut adalah cara-caranya:

  • Persiapkan dokumen-dokumen ini dari rumah:
    • Kartu Keluarga (KK) asli + fotocopy
    • Kartu identitas diri KTP/SIM asli + fotocopy
    • Surat keterangan berhenti bekerja (Surat Paklaring/Referensi) asli + fotocopy
    • Kartu Peserta Jamsostek (BPJS) asli
    • Buku tabungan atas nama peserta pribadi + fotocopy, bila pembayaran dana yang dikehendaki, dilakukan via transfer bank. Tidak boleh menggunakan buku tabungan orang lain—termasuk anggota keluarga.
    • Surat keterangan kehilangan dari kepolisian. Bila kartu peserta kalian hilang.
  • Meminta 2 lembar formulir kosong permohonan pencairan dana ke petugas di meja resepsionis atau sekuriti. Di mana lembar pertama berisi daftar/checklist dokumen yang diperlukan untuk memastikan kelengkapannya, sementara lembar kedua adalah formulir Permintaan Pembayaran Jaminan Hari Tua (JHT). Formulir ini memuat daftar isian data lengkap peserta Jamsostek bersangkutan.
  • Mengisi kedua lembar formulir tersebut dengan baik dan benar.
  • Menyertakan dokumen-dokumen yang sebelumnya telah dipersiapkan dari rumah
  • Masukkan 2 lembar formulir + dokumen-dokumen pendukung ke dalam kotak jatuh dropbox berwarna hijau. Saat saya mengurus pencairan ini, posisinya berada di tengah-tengah meja bar, antara counter Pembayaran dan counter Pemeriksaan Dokumen.
  • Petugas counter Pemeriksaan Dokumen memeriksa seluruh kelengkapan data pada 2 lembar formulir isian dan dokumen-dokumen pendukung yang dilampirkan.
  • Menunggu panggilan dari petugas. Bila belum lengkap, maka kita akan diminta oleh petugas pemeriksaan dokumen untuk melengkapi segala persyaratannya terlebih dahulu. Harus lengkap. Sebab bila tidak, maka proses pencairan dana tidak bisa ditindaklanjuti. Dan itu sama artinya dengan, kita terpaksa kembali lagi keesokan harinya.
  • Mengambil nomor antrian pada mesin antrian yang terletak di depan meja resepsionis atau sekuriti.
  • Menunggu nomor antrian dipanggil.
  • Setelah dipanggil, serahkan seluruh dokumen yang sebelumnya telah dipersiapkan, kepada petugas di counter Pelayanan Klaim. Kebetulan klaim saya ditangani oleh seorang petugas yang cukup kooperatif; Pak Sumar. Ia sendiri tinggal di bilangan Jurang Mangu.
  • Petugas Pelayanan Klaim memastikan kembali validitas seluruh dokumen yang diserahkan.
  • Petugas akan meminta foto diri kita—yang diambil via webcam di meja counter mereka—sebagai tambahan jaminan kepastian. Tujuannya, agar seandainya terjadi sengketa atas akun yang sedang diajukan, di masa mendatang, bisa dijadikan sebagai bukti/rujukan.
  • Bila dana BPJS (Jamsostek) yang diinginkan, dibayarkan via transfer bank, maka prosedur yang harus dijalankan di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan selesai sampai di sini. Selanjutnya kita akan diminta menunggu minimal seminggu (H+7 sejak pengajuan klaim), sampai dana tersebut ditransfer/cair.
  • Bila dana BPJS (Jamsostek) yang diinginkan, dibayarkan secara tunai, maka kita akan diminta menunggu kembali oleh petugas.
  • Pihak bank (Bank Bukopin), selaku pembayar jaminan, akan mengklarifikasi terlebih dahulu data yang masuk dari BPJS Ketenagakerjaan.
  • Setelah validitas data diklarifikasi, pembayaran secara tunai langsung diberikan kepada kita selaku pemegang kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek). Plus, diberikan tanda bukti kopi dokumen Penetapan Jaminan Hari Tua—yang berisi data peserta dan jumlah yang harus dibayar Jamsostek kepada peserta.
  • Selesai

 

Tips mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan:

  • Pukul 12.00 – 13.00, karyawan BPJS dan bank, selaku pembayar jaminan, istirahat. Karenanya, datanglah di bawah pukul 10.00 AM, agar masa tahanan tunggu proses pencairan dana—khusus pencairan/pembayaran secara tunai—kalian jadi lebih pendek. Dari pengalaman saya tempo hari, kantor cabang BPJS akan mulai ramai setelah pukul 11.00 ke atas.

Saya sendiri mendapati antrian nomor 430, padahal sudah datang pukul 10.15. Dan baru selesai sekitar pukul 14.30 (terpotong jam istirahat karyawan), karena harus menunggu 3 orang lain yang juga mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan mereka secara tunai.

  • Sebelum berangkat, pastikan kembali kelengkapan dokumen yang disyaratkan + fotocopy-nya.
  • Pilih kantor cabang yang dekat dari rumah atau searah dengan jalur yang biasa dilalui. Sehingga, bila terjadi masalah ke depannya, kita tidak terbebani dengan jarak yang jauh. Untuk melihat kantor cabang mana yang terdekat dengan rumah kalian, saya telah lampirkan di bawah, beberapa daftar kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan khusus daerah kerja DKI Jakarta.
  • Bawa teman, buku, majalah, mp3 player, atau apa pun yang dapat mengurangi kebosanan selama masa menunggu.
  • Khusus untuk Kartu Peserta Jamsostek yang hilang. Mengurus pencairan dana hanya bisa dilakukan di kantor cabang, di mana kartu peserta bersangkutan pertama kali diterbitkan, serta harus melampirkan surat kehilangan dari kepolisian yang berisi nomor kartu peserta dan nama perusahaan yang mendaftarkan kartu tersebut. Bila kalian tidak punya fotocopy kartu yang hilang dan lupa nomor kartu tersebut, coba tanyakan informasinya kepada petugas di kantor cabang (sebaiknya kantor cabang pusat) dengan membawa segala dokumen pendukung seperti yang telah disebutkan sebelumnya – untuk meyakinkan petugas, bahwa kalian adalah benar-benar pemilik kartu yang hilang tersebut.

Kira-kira begitulah proses yang akan kalian alami saat mengurus pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) nanti. Prosedur pengurusan di setiap tempat, mungkin akan sedikit berbeda. Namun, secara garis besar, prosesnya tak jauh berbeda dengan pengalaman yang saya alami tersebut. Jadi, jangan ragu lagi. Segera cairkan dana kalian sebelum dokumen pendukung seperti surat paklaring/referensi dan kartu peserta jamsostek asli hilang. [BEM]

 

Daftar kantor cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Wilayah DKI Jakarta

Kacab Gatot Subroto I (Jakarta Selatan I)
DIPO Business Center
Jl. Jend Gatot Subroto Kav 51-52
Jakarta Pusat
Telp. (021) 29866111 s/d 115
Fax. (021) 29866100
Kacab Gatot Subroto II (Jakarta Selatan IV)
Mayapada Tower II (Lantai Dasar)
Jl. Jend. Sudirman Kav 27
Jakarta Selatan
Telp. (021) 2500711
Fax. (021) 2500712

Kacab Gatot Subroto III (Jakarta Selatan VI)
Mutiara Bulding 4th Suite 403
Jl. Mampang Prapatan Raya No 10
Telp. (021) 7975207/7975208
Fax. (021) 7975201

Kacab Setiabudi (Jakarta Selatan II)
Menara Jamsostek Lt. 2
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 38
Jakarta Selatan
Telp. (021) 5279318 s/d 23
Fax. (021) 5279324/5

Kacab Cilandak (Jakarta Selatan III)
Jl. R. A Kartini Kav. 13 Cilandak Barat
Jakarta 12430
Telp. (021) 75917963 s/d 72

Kacab Tanjung Priok ( Jakarta Utara I)
Jl. Bukit Gading Indah Blok I No 5-8
Jakarta Utara
Telp. (021) 4530123
Fax. (021) 45842723, 45842725

Kacab Kebon Sirih (Jakarta Pusat I)
Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 94, Jakarta Pusat
Telp. (021) 3905119, 3905029

Kacab Grogol (Jakarta Barat I)
Gedung Bank Lippo Lt. 3
Jl. Daan Mogot No. 95 C
Jakarta Barat 11510
Telp. (021) 5664269, 5659123, 5665332
Fax. (021) 5664268

Kacab Salemba (Jakarta Pusat I)
Jl. Salemba Raya No. 65 Jakarta 10440
Telp. (021) 3905226, 3905227
Fax. (021) 3905229

Kacab Rawamangun (Jakarta Timur I)
Jl. Pemuda Kav. 10 No. 90 Jakarta Timur
Telp. (021) 47868141 s/d 43
Fax. (021) 47867071

Kacab Gambir (Jakarta Pusat II)
Gedung Bank Liman Int. Lt. 2
Jl. Ir. H. Juanda No. 12 Jakarta Pusat
Telp. (021) 3857701, 3857775, 3857702
Fax. (021) 3512176

Kacab Pulogadung (Jakarta Timur III)
Gedung PT Astra Agrolestari Tbk.
Kawasan Industri Pulogadung
Jl. Pulo Ayang Raya Blok OR-1, Jakarta Timur
Telp. (021) 4616555
Fax. (021) 4616618

Kacab Cawang (Jakarta Timur II)
Gd. Cawang Kencana Lt. 7 Suite 703 & 704
Jl. Mayjen Kav. 22 Jakarta 13630
Telp. (021) 8007971, 8002659, 8002660
Fax. (021) 8007972

Kacab Pluit (Jakarta Utara III)
Wisma ADR Jl. Pluit Raya 1 No.1
Jakarta Utara
Telp. (021) 66695182 s/d 184
Fax. (021) 66604157

Kacab Kebayoran Baru (Jakarta Selatan V)

Wijaya Grand Center Blok G 18-19
Jl. Darmawangsa III, Keb Baru
Jakarta 12160
Telp. (021) 7233315-17
Fax. (021) 72786022

Kacab Mangga Dua (Jakarta Utara II)
Gd. Green Boutique Blok C No 5
Jl. Arteri Mangga Dua Raya Centre
Jakarta 14430
Telp. (021) 6286534, 6286535
Fax. (021) 6122663

Kacab Cilincing (Jakarta Utara IV)
Jl. Raya Pelumpang Semper No. 6-7
Jakarta Utara
Telp. (021) 4353438, 4353441, 4353451, 4353529
Fax. (021) 4353363

Advertisements

562 thoughts on “Cara Mengurus/Mencairkan Dana BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek)”

    1. Berdasarkan informasi dari Google Map, skema jadwalnya kira-kira seperti ini, Masbro:

      Address: Mayapada Tower 2 Lantai Dasar, Jalan Jend. Sudirman Kav 27, Karet, Setiabudi, RT.4/RW.2, Karet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920, Indonesia
      Phone: +62 21 2500711

      Hours:
      Monday: 9AM–5PM
      Tuesday: 9AM–5PM
      Wednesday: 9AM–5PM
      Thursday: 9AM–5PM
      Friday: 9AM–5PM
      Saturday: 9AM–5PM
      Sunday: Closed

  1. mau tanya… kan syarat pencairan dana bpjs ketenagakerjaan salah satu syarat nya adealah ktp…saya ktp nya blm jd masih resi..bisa gak ya pake resi… resi saya gak ada poto nya..???

  2. Min saya mau tanya saya punya 2 kartu bpjs ketenagakerjaan, yg 1 sudah non aktif & sudah ada surat resain & disnaker nya, kartu yg ke 2 saya juga sudah resain & sudah ada surat resain & disnaker nya tp status nya msh aktif & info dr PT nya baru di non aktifkan bulan juni, yg saya mau tanya saya bisa g cariin kartu bpjs yg ke 1.

    1. CMIIW. Yang kemungkinan bakal bikin repot nyairin kartu pertama sepertinya status kartu kedua (yang masih aktif).

      Untuk tambahan referensi, mungkin artikel INI bisa buat tambahan informasi.

  3. Mohon maaf pak menganggu. Mau tanya??
    Kan persyaratan pencairan bpjs ketenaga kerjaan harus dengan e-ktp
    Seperti yg kita ketahui bersama bahwa untuk pembuatan e-ktp blakon habis jadi sementara waktu untuk mengganti e-ktp di kasih surat pengganti e-ktp. bisa kah mencairkan dana bpjs ketenaga kerjaan salah satu nya dgn surat pengganti e-ktp sebagai pelengkap dokumen atau syarat-syarat yg sudah saya persiapkan??? Terimakasih

  4. Knp BpJs dipersulit masalh pencairan uang ya.krna kantor prtm blum laporan ke bpjs medan bhwa sudah non aktif

    Dan Kantornya skrg sudah dtutup
    Harus kmna mngadu.apa ke presiden

  5. Sya lbih sakit hnya krna perusahaan 1 tdk aktid lagi.jd sya tdk bisa mncairkan uang kta bpjs medan.sya komfirmsi ke kantor.kantornya sudah tutup.kantor yg prtma sya krja.g taw ngadu kmna.pdhal sya prlu uang tuk brobat ank sya.apa gini kah pemerintah.mnahan” uang rakyatnya hsil krigatnya.apa gini kah pmerintah jika maslah uang dipersulit

  6. Ku mo tanya ku berhenti bekerja nopember 2016 .apakah bpjs ketenagakerjaan bisa lsg dicairkan skrg n bisa lakukan di cabang mana pun kan makasih.

    1. Saat ini pencairan dana JHT bisa dilakukan di kantor cabang mana pun. Terkait bisa atau tidaknya dana dicairkan, terkait tanggal berhenti kerja, mungkin artikel INI bisa dijadikan bahan referensi.

      1. Ka maaf mau tanya, kalo paklaring aja bisa buat cairin bpjs nya gak? (Aku gadapet surat pemberhentian kerja. Cuma dpt paklaring aja. Kata tmn2 aku harus ada surat pemberhentian kerja. Pdhal paklaring jg sama aja kan ya ka? Mohon infonya.. trmksh

      2. Halo Fufah.

        Surat keterangan telah berhenti bekerja yang di tujukan kepada Disnaker setempat dan di tembuskan kepada kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan wajib ada, seperti keterangan yang pernah saya sampaikan di SINI. CMIIW.

  7. Malam…. maaf mo tanya.. ada kartu jamsostek saya yang sudah tidak aktif di 2011 dan saya mau cairkan… bisa pakai surat paklaring nya yg terakhir saya kerja ga mas di tahun 2017 ini….? karna 31 januari 2017 saya sudah tidak bekerja…

  8. Slmt siang..mf sy mu tnya.sy sdh berhenti kerja d slh satu perusahaan.mulai krja 01-04-2013 s/d mare 2015..rencana sy mu cairin jamsostek dri perusahaan yg lma.skrng sy bru msk krja lgi d slh stu perusahaan dn nma sy baru d dftrkn d kntr bpjs ktngakerjaan..ap jamsostek sy yg lma bsa d cairkan.

      1. Kalo kartu jamsostek aslinya hilang trus gak in gat/hafal No Kartu dosteknya… APA masih bisa dicairkan mba???

  9. Saya sudah tidak kerja lgi tpi bpjs saya statusnya masih aktif. Untuk non aktifin nya apakah saya bisa urus sendiri ? Apa harus dari perusahaan yg urusinnya ? Secara perusahaan saya tmpt bekerja sudah tutup dan sudah tidak ada. Bpjs jht saya dari perusahaan yg buat.

    1. Kalau perusahaannya masih aktif, menurut pengalaman teman kita di SINI, memang harus pihak perusahaan yang menghubungi BPJSTK untuk menonaktifkan.

      Tapi kalo kondisinya seperti itu (perusahaan sudah tutup dan sudah tidak ada), logika saya sebagai sesama mantan peserta, seharusnya bisa diurus sendiri ya. Supaya lebih pasti, sebaiknya datangi saja kantor cabang terdekat untuk menanyakan prosedurnya seperti apa.

    1. Kalo berpatokan ke persyaratan yang dibuat oleh BPJSTK, harusnya gak bisa, ya. Karena paklaring asli merupakan salah satu dokumen wajib yang harus ada.

      Dulu sih untuk paklaring yang hilang, bisa digantikan dengan surat kehilangan, Mas Munfiw. Sayangnya, apakah ini masih berlaku atau tidak, saya kurang tahu.

  10. Selamat sore pak , maaf mau tanya mungkin bapak tau alamat email kantor BPJS Ketenagakerjaan kebon sirih, karena nomor telpon (021-3905119,3905120) yang diberikan oleh petugas klaim bisa masuk tapi tidak ada yang angkat. kalo sudah begini saya jadi bingung pak, domisili saya di Bogor, tp karena perusahaan saya merekomendasikannnya di Kebon sirih.

      1. selamat siang…
        maaf saya mau bertanya,sya memiliki 2 kartu bpjs, yg kartu pertama saya sudah mengndurkan diri sejak 2007, dan yg satu lagi sy sudah mengundurkan diri sejak 15 des 2016,sy sdh datang ke ktr bpjs tenagakerja cab depok, sy rencana mau mencairkan dana yg sy bkrja resign thn 2007 kenapa kok dipersulit kata nya status msh aktif di perusahaan yg kedua,padahal sya sdh tlp hrd ktr pusat sya kata nya sudah tdk aktif dan sudah bisa mencairkan dana nya,tapi kenapa dipersulit begini..mhn info dan bantuannya..terimaksih

      2. Saya tidak tahu, apakah ini bisa dilakukan (dan berguna) atau tidak. Tapi saya punya ide begini:

        Coba Mas Heri minta bukti dari perusahaan kalau akun BPJSTK-nya memang sudah di-non-aktifkan oleh perusahaan. Entah itu screen capture atau dokumen yang menyatakan perusahaan telah mengajukan penonaktifan akun Mas Heri dan sudah di-acc BPJSTK. Nah, nanti dengan modal bukti ini, datangi kembali kantor cabang BPJSTK tersebut. Jadi, Mas Heri punya argumen.

    1. Sayangnya saya gak punya contoh isian formulir Service Poin Office (SPO) BPJS Ketenagakerjaan, Mbak Nancy. Maafkan.

      Mungkin teman-teman yang lain ada yang sudah pernah mengisi dan bisa membantu? Dipersilahkan lho.

  11. mas kalo sy resign bln desember 2014, tp perusahaan sy br byr sampai bln juli, apa yg hrs sy buat untuk bs mencairkan?

    1. Untuk proses pencairannya ikuti langkah-langkah yang ada di artikel ini aja Mas Wahyudin. Soal perusahaan yang baru bayar sampai bulan Juli itu, kalau Mas mau nunggu sampai dibayar, khawatirnya malah kelamaan nanti. Iya kalau dibayar. Kalau enggak?

      Yang penting pastikan aja semua persyaratan pencairan dananya terpenuhi.

  12. Mas, saya mau tanya dung.
    Saya sudah kerja dari 2013 resign bulan des2016, sampai sekarang kartu saya belum jadi dan saya hanya mendapat nomor saja, apakah dng nomor kepesertaan itu bisa mencairkan dana saya, atau ada syarat lain
    Mohon mantu informasinya
    Atas perhatiaanya saya ucapkan terimakasih

  13. mas mau tanya,,,kalau nama d paklaring Aziz Prihandoko, sedangkan d ktp Azis Prihandoko dan ktp masih yg lama ektp belom jadi gimana solusinya makasih

    1. Kalau ada data yang tidak sesuai, setahu saya harus direvisi terlebih dahulu, Mas Azis. Dan, karena pencairan sekarang, mensyaratkan eKTP (KTP lama tidak bisa), jadi mau gak mau harus menunggu eKTP itu jadi dulu.

  14. Selamat siang, saya mau menanyakan ini.. Apakah pencairan bisa diwakilkan oleh keluarga seperti anaknya? Lantaran orang yang bersangkutan sedang berada di Lembaga Permasyarakatan & tidak dapat mengurus pencairan dana tersebut..

    Terima Kasih..

    1. Setahu saya, pencairan baru bisa diwakilkan kalau peserta mengalami cacat total (disertai surat kuasa) atau meninggal dunia. Untuk kasus seperti Mas Satria, mungkin lebih baik dikonsultasikan langsung ke mereka, ya. Bisa mendatangi langsung kantor cabang terdekat, atau menghubungi call center mereka (1-500-910).

  15. Sy mau menanyakan jika ada perbedaan nomor KTP yg lama dgn yg baru itu,ngutusnya ke perusahaan kita bekerja atau lgsg ke kantor cabang terdekat BPJS?

  16. maaf admin mau nnya lg..tapi pas d cek slalu gagal nma teridentivikasi..tapi pas aplikasi minta kode verivikasi selalu gagal padahal kode yg saya masukan bnr itu kode langsung dari bpjs yg masuk k email saya..kira” apa ada masalah nya sehingga terjadi kesalahan saat mengirim kode
    1 lg mau nnya…domisili saya skarang d cileungsi bogor..apa bisa ngurus pencairan d luar bogor misal nya di jakarta d kantor sudirman..denger kata tmn sih klw di sudirman proses cepat asal kan berkas komplit hari itu jga d proses n cair
    n jga mau menanya kan apa skarang sistem manual khusua jakarta msh berlaku..soal nya d cileungsi bogor manual sudah di tiada kan dengan alasan karna kemarin” ada kericuhan di saat mengumpul kan berkas n nmr antrian.mksh

    1. – Untuk permasalahan kode, lebih tepatnya sih menghubungi call center BPJSTK, ya. Karena itu sistem mereka, tentu mereka yang paling berkompeten menjawab.
      – Dengan adanya aplikasi eKlaim BPJSTK, sekarang peserta bisa mengurus pencairan di mana saja.
      – Dulu di Sudirman prosesnya memang seperti itu, sesuai pengalaman saya sendiri di artikel ini. Tapi sekarang kayaknya sudah berubah. Pencairan hanya bisa dilakukan secara transfer. Kalau boleh tahu, kapan temennya melakukan proses pencairan? Apakah baru-baru ini? Kalau, ya, mungkin saran temennya bisa dicoba.
      – Untuk mengatasi membludaknya antrian peserta beberapa waktu lalu, memang BPJSTK mengubah cara pengambilan nomor antrian tersebut dengan aplikasi eKlaim. Sayangnya, saya kurang tahu kalau pengambilan nomor antrian secara manual masih bisa atau tidak.

  17. maaf admin mau nanya saya pernah bekerja d salah satu perusahaan n d daftarkan jamsotek saya mulai bekerja dari tanggal 17 desember 2013 sampai dengan 17 juli 2014..lalu saya dapap paklaring
    n saya bekerja d salah satu perusahaan n d daftar kan bpjs ketenagakerjaan mulai bekerja dari tanggal 2.09.2014 sd 30.11.2016 nah saat ini saya off krj pas mau cek saldo melalui aplikasi ternyata nma n nmr jamsostek sama…apa nilai uang selama bekerja d perusahaan pertama n ke2 tergabung.mksh

    1. Untuk melihat dana tersebut sudah tergabung atau belum, tentu harus mengecek/melihat saldonya secara langsung. Karena dari beberapa yang pernah saya baca, penggabungan itu seringkali dilakukan oleh peserta sendiri–dengan datang ke kantor cabang dan melakukan proses amalgamasi. Untuk informasi tambahannya, bisa disimak di SINI.

    1. Oh, ya? Petugas dari instansi yang menerbitkan KTP atau petugas BPJS Ketenagakerjaan, Mbak? Karena, kalau yang bilang begitu adalah petugas BPJSTK, berarti ini termasuk informasi baru yang saya pun baru tahu.

      1. Maaf baru bales, dari petugas pembuat ktp. Kemarin dah coba ke kantor bpjs. Katanya bisa pke e ktp sementara itu yg ada barkotnya tapi lewat manual klw e klaim nggk bisa. Tadinya mau nyoba di bpjs cikarang lebih dekat. Tapi karena ngambil antriannya mesti dri jam 1 pagi, ya udah coba ke sudirman. Saya pake ktp biasa. Ternyata bisa di proses hari itu juga. Asalkan sama datanya. Ktp biasa saya masih ada belum d balikin. Klw e ktp mang bikin lagi karena hilang. Gitu .

  18. Selamat malam
    Maaf mau nanya nih saya mau nyairin jht tapi ektp saya masih selembaran kartunya belum jadi
    Apa masih bisa mencairkan dana jht?

  19. Mau tanya pak. kl nama di ktp sama di jamsostek berbeda, karna pasbikin ktp baru ada penambahan nama. terus no ktp ny juga berubah.. apa masih bisa mencairkan saldo jamsostek.

  20. Kalau paklaring nya engga keluar karna perusahaan engga mau keluarkan bagaimana ya ?krn dulu saya keluar gt aja krn ga di kasih keluar lantaran perusaahan bilang masih membutuhkan saya..setelah saya minta perusahaan tdk memberikan surat paklaringnya..gimana ya solusinya

  21. dah online berapa kali dinyatakan tak memenuhi sayar terakhir tak ter deteksi …ujung2nya suruh dateng ….. kok ada online tp suruh dateng ?

      1. Maaf pak numpang tanya..sy udah ngirim email eklaem..data” smua nya dapet balasan paling lama 2 x24 jam nanti di email..tpi ko blom dapet nrima panggilan ya dah 3 hari ini ..

  22. Selamat siang, saya mau tanya pd juni 2014 saya resign dan mendapatkan surat plakaring dan blm sempat di tarik dana jhtnya lalu februari 2015 sy bekerja kembali dg terdaftar kpj yg lama, namun setelah sy cek saldo yg lama tdk muncul hanya muncul yg baru, mengapa saldo yg lama tdk muncul ya apakah hilang? Apakah msh bisa jika ingin mencairkan?

    1. Menurut jawaban admin Facebook BPJS Ketenagakerjaan di SINI, saldo tersebut tidak hilang. Teman-teman kita yang mengalami kejadian serupa disarankan mengkonfirmasi ke HRD atau kantor cabang terkait untuk ditindaklanjuti.

      Namun, keterangan admin BPJSTK di SINI, sepertinya lebih detil (saya kopikan bagian jawabannya saja):

      Berdasarkan informasi tersebut yang disampaikan, dapat kami jelaskan sebagai berikut :
      1. Nomor Peserta tersebut di daftarkan pada 2 perusahaan, yaitu Kartika Asri Prima PT dan dilanjutkan pada GCI Indonesia PT
      2. Saldo JHT yang bapak cek/lihat pada website tersebut adalah saldo yang terdapat pada CGI Indonesia PT yang baru terdaftar bulan Mei 2015.
      3. Sementara saldo yang bapak sampaikan ” Sebelumnya saya pernah bekerja di Pt.Kartika Asri Prima dengan Saldo akhir BPJS sekitar kurang lebih 1.5 juta ke atas (pengecekan via BPJS Online) terdaftar dengan nomor ID BPJS xxx beserta No KTP lama saya xxx” itu adalah saldo pada Kartika Asri Prima PT dan statusnya Non Aktif sejak bulan Mei 2015
      4. Jika bapak menginginkan agar saldo yang dapat di cek setiap saat di website atau aplikasi BPJSTK Mobile tergabung, terlebih dahulu lalu dilakukan proses amalgamasi atau penggabungan saldo
      5. Namun apabila pada proses di point 4 tidak dilakukan, sebetulnya tidak apa-apa. Saldo pada Kartika Asri Prima PT dan GCI Indonesia PT masing-masing tetap mendapat hasil pengembangan, hanya saja ketika mengecek saldo melalui website atau aplikasi BPJSTK Mobile yang tertera hanya saldo JHT di CGI Indonesia PT, karena sistem aplikasi cek saldo di website atau aplikasi BPJSTK Mobile hanya membaca saldo di perusahaan terakhir.

  23. Min saya sdh menunggu pencairan 2 minggu. Tp tdk kunjung di transfer.. Alhasil saya mnta dlm bentuk cash.. Tetapi kertas kuning pemberian mereka hilang.. Apakah ada cara lain utk penarikan cash?

  24. Saya mau tanya pak..
    Saya sudah mengajukan eklaim dan sudah sampai tahap akhir dengan print form5..di form5 tgl mulai bekerja saya tidak sama dengan surat yg saya terima dari perusahaan saya bekerja..itu bagaimana ya? Saya sudah menghubungi call center..di sistem mereka setelah di cek data saya sesuai sengan surat yg dari perusahaan saya.*tgl mulai kerja ..kenapa di form5 berbeda?

  25. Selamat Siang,Kalau boleh tanya, mengapa Jamsostek Cabang Menara Jamsostek untuk pencairan JHT tidak bisa Tunai ?, padahal saya sudah minta tolong kebijaksanaannya agar bisa di Tunaikan saja, sebab kondisi saya benar benar sedang membutuhkan dana, tapi tetap tidak bisa, Lalu saya coba telepon, tapi tidak diangkat, lalu saya e_mail tidak di jawab juga, Apa yang harus saya lakukan, sebab nggak mungkin saya menunggu 7 hari karena kondisi saya sedang sulit saat ini.
    Mohon solusinya.Terima kasih banyak atas perhatiannya.

    1. Saya turut prihatin dengan kondisi Pak Rusneidi.

      Karena ini ketetapan mereka, sebagai peserta, kita tidak bisa berbuat banyak kecuali mengikuti aturan tersebut. Terkait tunai-transfer ini, pernah juga dibahas di salah satu thread facebook BPJSTK, dan pernah saya jawab di SINI.

  26. Assl www P mhn info kalau saya mau ambil sebagian dana saya JHT untuk keperluan mendesak dan saya masih bekerja umur saya saat ini 61 tahun bisa tidak ya P (jadi saya tetap melanjutkan JHT nya, tidak menutup nya, tetapi karena kebutuhan keluarga mendesak jadi saya ambil dana nya sebagian ), terima kasih utk informasi nya dan cara mengurus nya seperti apa ya P prosedur nya

    1. Waalaikumsalam wr. wb.

      Pertanyaannya agak sulit nih, Pak Hadi. Tapi, mungkin PP 46/2015 di bawah ini bisa memberikan sedikit gambaran:

      PP No. 46 TAHUN 2015 TENTANG PENYELENGGARAAN PROGRAM JAMINAN HARI TUA, Bab IV, Pasal 22

      (1) Manfaat JHT adalah berupa uang tunai yang dibayarkan apabila Peserta berusia 56 (lima puluh enam) tahun, meninggal dunia, atau mengalami cacat total tetap.
      (2) Besarnya manfaat JHT adalah sebesar nilai akumulasi seluruh Iuran yang telah disetor ditambah hasil pengembangannya yang tercatat dalam rekening perorangan Peserta.
      (3) Manfaat JHT sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dibayar secara sekaligus.
      (4) Dalam rangka mempersiapkan diri memasuki masa pensiun, pembayaran manfaat JHT sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dapat diberikan sebagian sampai batas tertentu apabila Peserta telah memiliki masa kepesertaan paling singkat 10 (sepuluh) tahun.
      (5) Pengambilan manfaat JHT sampai batas tertentu sebagaimana dimaksud pada ayat (4) paling banyak 30% (tiga puluh persen) dari jumlah JHT, yang peruntukannya untuk kepemilikan rumah atau paling banyak 10% (sepuluh persen) untuk keperluan lain sesuai persiapan memasuki masa pensiun.
      (6) Pengambilan manfaat JHT sebagaimana dimaksud pada ayat (5) hanya dapat dilakukan untuk 1 (satu) kali selama menjadi Peserta.
      (7) BPJS Ketenagakerjaan wajib memberikan informasi kepada Peserta mengenai besarnya saldo JHT beserta hasil pengembangannya 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun.

  27. Saya mau tanya pak. .
    Saya didaftarkan bpjs slma 1thn dri perusahaan. .
    Trus saya brhenti bekerja juli 2016 kmren. .
    Kira2 bpjs nya bsa diuangkan gak. . ???
    Kpan bsa di uangkan nya. . ???

  28. Pak mau tanya
    Apakah klaim atau pencairan jht bisa di mana aja atau harus di cabang dmn kita terdaftar?
    Yg d maksud surat ket tembusan dr disnaker itu gmn ya pa?
    Apakah cuma copyan paklaring yg di stempel oleh disnaker apa ada tambahan surat dari disnaker untuk di bawa atau di lampirkan saat pengurusan jht? Trimakasih

    1. Dulu, saya diharuskan datang ke kantor cabang terdaftar. Tapi sekarang, sepertinya bisa dilakukan di mana saja dengan menggunakan fasilitas eKlaim BPJSTK. CMIIW.

      Terkait surat tembusan dari Disnaker, berikut keterangan dari admin BPJSTK:

      Peserta yang berhenti bekerja sejak 1 september 2015 dan seterusnya, jika ingin melakukan klaim JHT, disyaratkan untuk melampirkan dokumen surat keterangan telah berhenti bekerja yang di tujukan kepada Disnaker setempat dan di tembuskan kepada kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan. Bapak tidak perlu menunggu atau mendapatkan legalisir dari disnaker. cukup membawa copy surat yang akan dikirimkan perusahaan kepada Disnaker setempat.

      1. Mas mau tanya apakah pencairan ini bisa di wakilkan misalkan suami mau mencairkan punya istrinya jga..

      2. Kalo dari yang saya baca-baca, pencairan saldo JHT gak bisa diwakilkan, Mas, kecuali meninggal dunia atau cacat total. Untuk yang terakhir, harus dilengkapi dengan surat kuasa. CMIIW.

        Dan, merujuk ke pengalaman teman kita di SINI, juga sama; gak bisa.

  29. Cara ngcek saldo bpjs gmna yah , soal’y saya pernah sms tpi ngga bsa2 ,
    Trus klo mau cairin tpi msih pke ktp biasa bisa ngga ,

    1. Coba daftar aplikasi online mereka aja. Aplikasi ini bisa untuk ngecek saldo BPJSTK kita.

      Saya pernah denger pengalaman salah satu teman, pake KTP biasa ga bisa (mungkin terkait adanya peraturan wajib membuat e-KTP tempo hari?). CMIIW.

  30. Saya berhenti bekerja tahun 2004 apa masih bisa dicairkan,tapi kk saya sudah pindah dulu ngikut kaka karena single tapi sekarang sudah kk sendiri, tlong pencerahan nya

    1. Kalau sekarang statusnya masih pekerja aktif, mungkin prosesnya bisa lebih gampang. Tinggal datang ke kantor cabang, minta revisi data dulu, kemudian baru melakukan klaim.

      Kalau kartu KPJ + Paklaring masih ada, saran saya, coba langsung datangi kantor cabang tempat perusahaan mendaftarkan. Jangan lupa bawa berkas-berkas pendukung lainnya. Kalau ada yang harus diproses lebih lanjut, tentu petugas di sana bisa menjelaskan prosedurnya seperti apa.

  31. Sy mau tanya untuk pencairan bpjs ktngkrjaan.ktp sy baru d ganti ktp seumur hidup/e-ktp.dan alamatnya beda dengan ktp yg pertama bikin bpjs.itu bagai mana ya?untuk melengkapi doc’nya?trmksh

    1. Kira-kira begini caranya:

      Bagi Tenaga Kerja Aktif, Perubahan data Tenaga Kerja agar disampaikan kepada HRD (pengurus perusahaan) untuk dapat diteruskan ke petugas pembina perusahaan tersebut dan ditindaklanjuti sebagaimana mestinya. Atau disampaikan langsung mendatangi Kantor Cabang Perusahaan mendaftar.

      Perubahan Data disertai berkas pendukung, antara lain : Kartu Peserta, KTP, KK dan Surat Keterangan Pengalaman Kerja (bagi Tenaga Kerja Non Aktif).

  32. Jht saya nama d ktp gk sama paklaringpun beda nama karna kesalahan ktp yg dlu tpi knpa gk bsa d klim ya saya sudh mnta revisi k kntor msh ttp gk bsa harunya gmna ya?

    1. Wah, saya baru nemu ini, nama di KTP, JHT, dan Paklaring beda-beda.

      Kalau aturannya masih berlaku, solusi yang diberikan admin BPJSTKInfo pada April 16, 2014, yang lalu kira-kira seperti ini:

      “Sahabat, apabila ada perbedaan penulisan nama di KPJ dengan KTP saat pencairan JHT, Anda bisa melampirkan copy ijazah atau akte lahir sehingga petugas kami dapat melakukan verifikasi data.”

      Atau untuk lebih pasti terkait solusi apa yang bisa dilakukan, coba langsung menghubungi call center mereka di nomor 1-500-910.

  33. Mas mw nanya kalo packalring nya yg hilang terus maw ngurus packalrimg tersebut hanya saja Pt nya sudah tutup karena bangkrut

    Apa masih bisa di proses pencairannyaa dan apa perlu surat kehilangan dari kepolosian??
    saya sudah menghubungi call center dan mereka bilang tidak perlu menggunakan surat kepolisian cukup tandan tngan dia atas matrai yg menytakan surat kehilangan dan pt sudah tuutup , apa benar prosedur nya seperti itu mas???

    1. Kalau call center mereka mengatakan seperti itu, saya ikut apa kata mereka, Mbak Farida. Karena biar bagaimana pun, jawaban mereka tentu lebih kompeten dibanding saya yang cuma mantan peserta. 🙂

  34. data saya sudah di berikan semua.
    dan petugas bilang dananya cair 4 hari. dan sampai saat ini dananya blm di transfer juga. itu bagaimna ya?

    1. Coba ditunggu aja. Mungkin karena data pencair dana yang harus mereka urus jumlahnya relatif banyak. Kalau sampai 2 minggu belum juga ditransfer, coba hubungi lagi kantor cabang kemarin.

    2. Kalau mau mencairkan dana BPJS .dokumen*nya sudah ada kecuali surat dari depnaker.apakah tetap bisa di cairkan????

      1. Kalau aturan INI masih berlaku, sepertinya belum bisa dicairkan. CMIIW.

        Tambahan:

        Ini komentar dari Divisi Pelayanan dan Pengaduan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK)

        Dear Bapak/Ibu,
        Terimakasih atas pertanyaan yang disampaikan.
        peserta yang berhenti bekerja sejak 1 september 2015 dan seterusnya, jika ingin melakukan klaim JHT, disyaratkan untuk melampirkan dokumen surat keterangan telah berhenti bekerja yang di tujukan kepada Disnaker setempat dan di tembuskan kepada kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan. Bapak tidak perlu menunggu atau mendapatkan legalisir dari disnaker. cukup membawa copy surat yang akan dikirimkan perusahaan kepada Disnaker setempat.

      1. Mas mau tanya dong, kan bpjs ketenagakerjaan saya beda namanya sma yg diktp nah itu bisa dibenerin ga ya? Udah gtu ktp saya belom e-ktp mas emg dari sananya ktp saya belom jadi cuma saya dikasih resi buat pengganti ktp itu

    1. Mau tya,di ktp sma di bpjs nma ya beda it bsa di cairkan g ya…???,trus ak dah lbh dari 2 thun it dmna ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s