Cara Mengurus/Mencairkan Dana BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek)

Logo BPJS KetenagakerjaanPencairan dana Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan—sebelumnya Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek)—telah saya diamkan selama bertahun-tahun. Alasannya sederhana. Yang ada dipikiran saya, setiap berurusan dengan sesuatu yang bersifat ‘sosial’ seperti ini, pasti banyak tetek bengeknya. Diminta ke sini. Diminta ke situ. Birokrasi di mana-mana. Tetapi, begitu saya putuskan untuk mencoba mengurusnya…

Menuju ke lokasi

Karena sering lewat, maka saya putuskan untuk mengurus pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan ini di kantor cabang Setiabudi, Menara Jamsostek lantai 2 (Gedung Utara).

Kantor Cabang Setiabudi (Jakarta Selatan II)

Menara Jamsostek Lt. 2

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 38

Jakarta Selatan

Telp. (021) 5279318 s/d 23

Fax. (021) 5279324/5

Jadi, bila kalian datang dari arah Cawang, setelah perempatan kuningan-mampang, lokasi Menara Jamsostek terletak persis di sebelah kiri jembatan penyeberangan orang pertama. Seringnya, kondisi lalu lintas di bawah jembatan penyeberangan ini, macet. Entah karena awak bus yang sedang menaik-turunkan penumpang, bus yang ngetem, atau akibat dari antrian kendaraan yang hendak keluar-masuk gedung tersebut.

Peta Lokasi Menara Jamsostek Jakarta Selatan
Peta Lokasi Menara Jamsostek Jakarta Selatan

Jika kalian datang dari arah Plaza Semanggi, ikuti terus Jalan Gatot Subroto. Begitu ketemu flyover pertama, jangan naik. Ambil jalur kiri (bawah). Tak jauh dari situ, ada putaran di kolong flyover (sebelum lampu merah Kuningan-Mampang). Segera putar balik.

Nanti, begitu ketemu dengan jembatan penyeberangan orang pertama, berarti kalian telah sampai di lokasi. Gedung ini sangat mudah dikenali, karena terdapat tulisan “Menara Jamsostek” di bagian pagar depannya.

 

Area parkir ke lantai 2

Bagi yang membawa motor, area parkir terletak di lantai Basement I. Jadi, begitu masuk gerbang Menara Jamsostek (dari Jalan Raya Gatot Subroto), tinggal lurus, kemudian turun menuju lantai basement.

Berbeda dengan parkir motor. Bagi yang membawa mobil, area parkir terletak di sekeliling pelataran gedung. Jadi, begitu masuk gerbang Menara Jamsostek (dari Jalan Raya Gatot Subroto), langsung ambil kiri ke arah lobby. Jangan ke kanan, sebab kalian hanya akan keluar ke jalan raya lagi.

Dari area parkir basement, carilah lift menara utara. Naik lift ke lantai satu. Kemudian ganti lift di seberangnya untuk naik ke lantai 2.

Note:

  • Biaya parkir motor 2,000 Rp per jam. Sementara parkir mobil 3,000 Rp per jam.
  • Urusan parkir ini bisa saja berubah sewaktu-waktu. Tergantung kebijakan dari pengelola gedung bersangkutan.

 

Proses pencairan dana

Bagi yang baru pertama kali mengurus pencairan dana BPJS seperti saya, mungkin akan sedikit bingung ketika sampai di kantor cabang BPJS. Harus memulai dari mana, ke counter mana, mempersiapkan dokumen apa, dan melakukan apa setelahnya.

formulir 5 - Permintaan Pembayaran Jaminan Hari Tua (JHT)
formulir 5 – Permintaan Pembayaran Jaminan Hari Tua (JHT)

Tapi jangan khawatir. Kalian tidak perlu mengalaminya. Karena saya akan memberikan panduan perihal prosedur atau langkah-langkah apa saja yang harus dilalui, mulai dari awal, hingga pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) selesai. Berikut adalah cara-caranya:

  • Persiapkan dokumen-dokumen ini dari rumah:
    • Kartu Keluarga (KK) asli + fotocopy
    • Kartu identitas diri KTP/SIM asli + fotocopy
    • Surat keterangan berhenti bekerja (Surat Paklaring/Referensi) asli + fotocopy
    • Kartu Peserta Jamsostek (BPJS) asli
    • Buku tabungan atas nama peserta pribadi + fotocopy, bila pembayaran dana yang dikehendaki, dilakukan via transfer bank. Tidak boleh menggunakan buku tabungan orang lain—termasuk anggota keluarga.
    • Surat keterangan kehilangan dari kepolisian. Bila kartu peserta kalian hilang.
  • Meminta 2 lembar formulir kosong permohonan pencairan dana ke petugas di meja resepsionis atau sekuriti. Di mana lembar pertama berisi daftar/checklist dokumen yang diperlukan untuk memastikan kelengkapannya, sementara lembar kedua adalah formulir Permintaan Pembayaran Jaminan Hari Tua (JHT). Formulir ini memuat daftar isian data lengkap peserta Jamsostek bersangkutan.
  • Mengisi kedua lembar formulir tersebut dengan baik dan benar.
  • Menyertakan dokumen-dokumen yang sebelumnya telah dipersiapkan dari rumah
  • Masukkan 2 lembar formulir + dokumen-dokumen pendukung ke dalam kotak jatuh dropbox berwarna hijau. Saat saya mengurus pencairan ini, posisinya berada di tengah-tengah meja bar, antara counter Pembayaran dan counter Pemeriksaan Dokumen.
  • Petugas counter Pemeriksaan Dokumen memeriksa seluruh kelengkapan data pada 2 lembar formulir isian dan dokumen-dokumen pendukung yang dilampirkan.
  • Menunggu panggilan dari petugas. Bila belum lengkap, maka kita akan diminta oleh petugas pemeriksaan dokumen untuk melengkapi segala persyaratannya terlebih dahulu. Harus lengkap. Sebab bila tidak, maka proses pencairan dana tidak bisa ditindaklanjuti. Dan itu sama artinya dengan, kita terpaksa kembali lagi keesokan harinya.
  • Mengambil nomor antrian pada mesin antrian yang terletak di depan meja resepsionis atau sekuriti.
  • Menunggu nomor antrian dipanggil.
  • Setelah dipanggil, serahkan seluruh dokumen yang sebelumnya telah dipersiapkan, kepada petugas di counter Pelayanan Klaim. Kebetulan klaim saya ditangani oleh seorang petugas yang cukup kooperatif; Pak Sumar. Ia sendiri tinggal di bilangan Jurang Mangu.
  • Petugas Pelayanan Klaim memastikan kembali validitas seluruh dokumen yang diserahkan.
  • Petugas akan meminta foto diri kita—yang diambil via webcam di meja counter mereka—sebagai tambahan jaminan kepastian. Tujuannya, agar seandainya terjadi sengketa atas akun yang sedang diajukan, di masa mendatang, bisa dijadikan sebagai bukti/rujukan.
  • Bila dana BPJS (Jamsostek) yang diinginkan, dibayarkan via transfer bank, maka prosedur yang harus dijalankan di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan selesai sampai di sini. Selanjutnya kita akan diminta menunggu minimal seminggu (H+7 sejak pengajuan klaim), sampai dana tersebut ditransfer/cair.
  • Bila dana BPJS (Jamsostek) yang diinginkan, dibayarkan secara tunai, maka kita akan diminta menunggu kembali oleh petugas.
  • Pihak bank (Bank Bukopin), selaku pembayar jaminan, akan mengklarifikasi terlebih dahulu data yang masuk dari BPJS Ketenagakerjaan.
  • Setelah validitas data diklarifikasi, pembayaran secara tunai langsung diberikan kepada kita selaku pemegang kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek). Plus, diberikan tanda bukti kopi dokumen Penetapan Jaminan Hari Tua—yang berisi data peserta dan jumlah yang harus dibayar Jamsostek kepada peserta.
  • Selesai

 

Tips mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan:

  • Pukul 12.00 – 13.00, karyawan BPJS dan bank, selaku pembayar jaminan, istirahat. Karenanya, datanglah di bawah pukul 10.00 AM, agar masa tahanan tunggu proses pencairan dana—khusus pencairan/pembayaran secara tunai—kalian jadi lebih pendek. Dari pengalaman saya tempo hari, kantor cabang BPJS akan mulai ramai setelah pukul 11.00 ke atas.

Saya sendiri mendapati antrian nomor 430, padahal sudah datang pukul 10.15. Dan baru selesai sekitar pukul 14.30 (terpotong jam istirahat karyawan), karena harus menunggu 3 orang lain yang juga mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan mereka secara tunai.

  • Sebelum berangkat, pastikan kembali kelengkapan dokumen yang disyaratkan + fotocopy-nya.
  • Pilih kantor cabang yang dekat dari rumah atau searah dengan jalur yang biasa dilalui. Sehingga, bila terjadi masalah ke depannya, kita tidak terbebani dengan jarak yang jauh. Untuk melihat kantor cabang mana yang terdekat dengan rumah kalian, saya telah lampirkan di bawah, beberapa daftar kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan khusus daerah kerja DKI Jakarta.
  • Bawa teman, buku, majalah, mp3 player, atau apa pun yang dapat mengurangi kebosanan selama masa menunggu.
  • Khusus untuk Kartu Peserta Jamsostek yang hilang. Mengurus pencairan dana hanya bisa dilakukan di kantor cabang, di mana kartu peserta bersangkutan pertama kali diterbitkan, serta harus melampirkan surat kehilangan dari kepolisian yang berisi nomor kartu peserta dan nama perusahaan yang mendaftarkan kartu tersebut. Bila kalian tidak punya fotocopy kartu yang hilang dan lupa nomor kartu tersebut, coba tanyakan informasinya kepada petugas di kantor cabang (sebaiknya kantor cabang pusat) dengan membawa segala dokumen pendukung seperti yang telah disebutkan sebelumnya – untuk meyakinkan petugas, bahwa kalian adalah benar-benar pemilik kartu yang hilang tersebut.

Kira-kira begitulah proses yang akan kalian alami saat mengurus pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) nanti. Prosedur pengurusan di setiap tempat, mungkin akan sedikit berbeda. Namun, secara garis besar, prosesnya tak jauh berbeda dengan pengalaman yang saya alami tersebut. Jadi, jangan ragu lagi. Segera cairkan dana kalian sebelum dokumen pendukung seperti surat paklaring/referensi dan kartu peserta jamsostek asli hilang. [BEM]

 

Daftar kantor cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Wilayah DKI Jakarta

Kacab Gatot Subroto I (Jakarta Selatan I)
DIPO Business Center
Jl. Jend Gatot Subroto Kav 51-52
Jakarta Pusat
Telp. (021) 29866111 s/d 115
Fax. (021) 29866100
Kacab Gatot Subroto II (Jakarta Selatan IV)
Mayapada Tower II (Lantai Dasar)
Jl. Jend. Sudirman Kav 27
Jakarta Selatan
Telp. (021) 2500711
Fax. (021) 2500712

Kacab Gatot Subroto III (Jakarta Selatan VI)
Mutiara Bulding 4th Suite 403
Jl. Mampang Prapatan Raya No 10
Telp. (021) 7975207/7975208
Fax. (021) 7975201

Kacab Setiabudi (Jakarta Selatan II)
Menara Jamsostek Lt. 2
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 38
Jakarta Selatan
Telp. (021) 5279318 s/d 23
Fax. (021) 5279324/5

Kacab Cilandak (Jakarta Selatan III)
Jl. R. A Kartini Kav. 13 Cilandak Barat
Jakarta 12430
Telp. (021) 75917963 s/d 72

Kacab Tanjung Priok ( Jakarta Utara I)
Jl. Bukit Gading Indah Blok I No 5-8
Jakarta Utara
Telp. (021) 4530123
Fax. (021) 45842723, 45842725

Kacab Kebon Sirih (Jakarta Pusat I)
Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 94, Jakarta Pusat
Telp. (021) 3905119, 3905029

Kacab Grogol (Jakarta Barat I)
Gedung Bank Lippo Lt. 3
Jl. Daan Mogot No. 95 C
Jakarta Barat 11510
Telp. (021) 5664269, 5659123, 5665332
Fax. (021) 5664268

Kacab Salemba (Jakarta Pusat I)
Jl. Salemba Raya No. 65 Jakarta 10440
Telp. (021) 3905226, 3905227
Fax. (021) 3905229

Kacab Rawamangun (Jakarta Timur I)
Jl. Pemuda Kav. 10 No. 90 Jakarta Timur
Telp. (021) 47868141 s/d 43
Fax. (021) 47867071

Kacab Gambir (Jakarta Pusat II)
Gedung Bank Liman Int. Lt. 2
Jl. Ir. H. Juanda No. 12 Jakarta Pusat
Telp. (021) 3857701, 3857775, 3857702
Fax. (021) 3512176

Kacab Pulogadung (Jakarta Timur III)
Gedung PT Astra Agrolestari Tbk.
Kawasan Industri Pulogadung
Jl. Pulo Ayang Raya Blok OR-1, Jakarta Timur
Telp. (021) 4616555
Fax. (021) 4616618

Kacab Cawang (Jakarta Timur II)
Gd. Cawang Kencana Lt. 7 Suite 703 & 704
Jl. Mayjen Kav. 22 Jakarta 13630
Telp. (021) 8007971, 8002659, 8002660
Fax. (021) 8007972

Kacab Pluit (Jakarta Utara III)
Wisma ADR Jl. Pluit Raya 1 No.1
Jakarta Utara
Telp. (021) 66695182 s/d 184
Fax. (021) 66604157

Kacab Kebayoran Baru (Jakarta Selatan V)

Wijaya Grand Center Blok G 18-19
Jl. Darmawangsa III, Keb Baru
Jakarta 12160
Telp. (021) 7233315-17
Fax. (021) 72786022

Kacab Mangga Dua (Jakarta Utara II)
Gd. Green Boutique Blok C No 5
Jl. Arteri Mangga Dua Raya Centre
Jakarta 14430
Telp. (021) 6286534, 6286535
Fax. (021) 6122663

Kacab Cilincing (Jakarta Utara IV)
Jl. Raya Pelumpang Semper No. 6-7
Jakarta Utara
Telp. (021) 4353438, 4353441, 4353451, 4353529
Fax. (021) 4353363

Advertisements

582 thoughts on “Cara Mengurus/Mencairkan Dana BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek)”

  1. kpd yth pimpinan cabng menara jamsostek..sya kecewa dngn pelayanan pembina ibu yana..sya tau ibu sibuk tapi bkn dngn marah2 kpd customer sya hanya ingin mencairkan uang sya bkn ngemis sama ibu..itu hak saya ibh..mmg ngga seberapa jmlhnya buat ibu tapi buat saya dan keluarga saya cukup buat beli beras sekarung buat sya dan keluarga saya makn..sya sdh ikutin semua syarat dri bpjs menara jamsostek dan ibu..sya mondar mandir ke tmpt dulu sya bkrja..itu butuh uang transport ibu dri tangerang ke jaksel..dri kantor sya pun sdh revisi dan email ke ibu..sya confirm pagi ini ke ibu kok jwbn ibu malah emosi

  2. Mas/mba…,
    Saya mau tnya terkait dgn BPJS ini.
    Dimana saya punya 2 BPJS yaitu yg lama & terbaru., klu untuk BPJS yg terbaru semuanya bisa di cek berikut dgn saldo jht nya juga tetapi klu BPJS yg lama tdk bisa di cek dgn ket. “Identitas dan tgl lahir tidak sesuai serta nmr kjp anda salah”, nah untuk solusinya itu gimana yah, bisa dibantu?

    1. Kalau KPJ lama masih ada, lebih baik langsung dikonfirmasi ke kantor cabang terkait, Mas Tendy.

      Sebagai antisipasi biar gak mondar-mandir, sebaiknya bawa juga dokumen-dokumen pendukung seperti KK dan lain-lain.

  3. Maf klo mw nyairin yg dtng lngsung di kacab mna y.. soal na sya td pagi di kacab bekasi msty lwt online

  4. Saya udah klaim dan saldo udah 0 tapi belom cair sampai 3 hari ini..
    Saya ragu itu form terakhir yang dikasih untuk di pegang saya warnanya merah, bukanya kuning.. Itu pengaruh ga ya ke proses transfernya?? Tolong pencerahannya. Makasih sebelumnya

    1. Masa pencairan, based on pengalaman teman-teman kita yang lain, sangat bervariasi. Ada yang hitungan hari. Ada yang hitungan minggu. Bahkan ada juga yang hitungan bulan. Tergantung situasi dan kondisi pada saat itu. Ditunggu aja dulu barang seminggu, atau coba konfirmasi ulang ke kantor cabang bersangkutan.

    1. Untuk kantor cabang Bekasi, ada dua setahu saya:

      BPJS Ketenagakerjaan Bekasi Kota
      Address: Jalan Pramuka No.29, Marga Jaya, Bekasi Selatan, Marga Jaya, Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17141, Indonesia
      Phone: +62 21 8843909

      BPJS Ketenagakerjaan Cikarang
      Address: Kawasan Industri Jababeka Tahap Ii, Jalan Cikarang Batu No. 12, Simpangan, Cikarang Utara, Simpangan, Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat 17530, Indonesia
      Phone: +62 21 89113873

    1. Kalau ada perbedaan data, setahu saya, kita akan diminta merevisinya terlebih dahulu. Setelah itu baru bisa melakukan proses klaim. Terkait lama atau tidaknya, tentu tergantung situasi dan kondisi pada saat itu. CMIIW.

  5. Bila dulu saya bekerja di daerah tangerang sedangkan ktp saya Pemalang apakah bisa mencairkan di bpjs cabang setia budi, apakah itu bisa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s