ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik

ASUS ZenFone Smartphone Android TerbaikAwalnya, telepon seluler (ponsel) hanya ditujukan untuk berbicara, berdimensi bulky, serta minim fitur/fungsi. Seiring perkembangan jaman, ponsel pun ikut berevolusi. Tidak hanya dari segi fungsi dan dimensi, namun juga teknologi. Ia jauh lebih pintar dari para pendahulunya, dari waktu ke waktu. Hingga lahirlah apa yang kita kenal sekarang dengan ‘Smartphone’ atau ponsel pintar. Kemampuan smartphone tidak terbatas pada membuat/menerima panggilan saja. Ia bisa melakukan jauh lebih banyak hal, bahkan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Sejatinya, smartphone adalah kombinasi antara ponsel dengan komputer mini. Dengannya, kita bisa menjelajah internet, mengirim email, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Bahkan, beberapa teknologi canggih mulai dari fotografi, videografi, sampai sistem navigsi (GPS) pun turut dibenamkan demi mempermudah pekerjaan. Ia telah menjadi bagian dari gaya hidup dan menjadi simbol eksistensi pemiliknya, persis seperti yang ditawarkan jajaran ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik.

Kelebihan dan Kekurangan ASUS ZenFoneBerdasarkan data relatif yang dikumpulkan dari aplikasi Google Play Store selama 7 hari—berakhir pada Agustus 12, 2014—tercatat bahwa, pengguna Android™ 4.3 Jelly Bean menyumbang sebanyak 54.2% dari total keseluruhan versi sistem operasi Android™ yang ada di pasaran, mulai dari Froyo, Gingerbread, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, hingga KitKat. Sementara, pengguna sistem operasi Android™ 4.4 KitKat menyumbang 20.9%-nya.

Memang, ketiga smartphone besutan Asus ini—ZenFone™ 4, ZenFone™ 5, dan ZenFone™ 6—masih menggunakan versi Android™ 4.3 Jelly Bean. Namun anda tak perlu khawatir, sebab dapur pacunya telah dirancang agar dapat di-upgrade ke versi terbaru Android™ 4.4 KitKat.

 

ASUS ZenFone™ 4

Lini ASUS ZenFone 4, menawarkan beragam pilihan warna seperti; Cherry Red, Sky Blue, Pearl White, Charcoal Black, dan Solar Yellow. Namun, berdasarkan hasil polling 1,325 responden pada sebuah forum diskusi terbesar di Indonesia (ditutup pada Agustus 14, 2014), dari kelima pilihan warna tersebut, Charcoal Black menempati urutan teratas favorit pengguna yang disusul kemudian dengan Pearl White dan Cherry Red.

ASUS ZenFone 4 Smartphone Android TerbaikBagi anda pribadi-pribadi yang aktif, jangan khawatir. ASUS ZenFone 4, smartphone dengan layar 4 inci ini sangat mudah dipersonalisasi. Anda tinggal mengganti cover belakang dengan beragam pilihan warna yang tersedia dan sesuai selera.

Dibandingkan dengan saudara-saudaranya yang lain, ASUS ZenFone 4 dibandrol dengan harga yang paling murah, yaitu; 1,099,000 Rp. Namun jangan salah sangka dulu, karena walau smartphone android besutan ASUS ini berharga murah, bukan berarti murahan. Desainnya yang sederhana membuat ZenFone 4 tampil lebih elegan.

Model A400CG
Layar 4-inci TFT LED Backlit WVGA 800×480,
233ppi, Super Anti-Scratch Corning®
Gorilla® Glass 3 with Anti-Finger Coating
Prosesor Intel® Atom™ Multicore Processor Z2520 (1.2GHz)
with Intel® Hyper-Threading Technology
Memori 1GB RAM
Storage 8GB + 5GB ASUS WebStorage
Gratis Seumur Hidup
Kamera • 5MP Auto-Fokus (belakang)
• 0.3MP (depan)
Dimensi 124.4 x 61.4 x 6.3 – 11.2mm | 115g
Baterai 1200mAh
Sensor Motion, Proximity Sensor
Layanan/Aplikasi lain • Google App, ASUS Sync, MyCloud,
File Manager, MyLibrary
• Blackberry Messenger Ready
Audio • ASUS SonicMaster untuk suara
lebih jernih dan bass lebih dalam
• FM Receiver (Radio)
• MP3, AAC, AAC+, eAAC+, WMA,
MIDI, WAV, AC3, FLAC
Warna Cherry Red, Sky Blue, Pearl White,
Charcoal Black, Solar Yellow

 

ASUS ZenFone™ 5

ASUS ZenFone 5, smartphone dengan layar 5 inci ini telah didukung layar 5-inci IPS+ HD beresolusi 1280×720 dengan sudut pandang lebar 178°, 294ppi. Teknologi Super Anti-Scratch Corning® Gorilla® Glass 3 dengan Anti-Finger Coating yang disertakan memungkinkan kita tetap bisa mengoperasikannya, bahkan dengan menggunakan sarung tangan sekali pun.

ASUS ZenFone 5 Smartphone Android TerbaikDesign ZenFone 5 sangat menarik. Masih 11-12 dengan kedua saudaranya yang lain. Dari segi spesifikasi, “anak tengah” trio ZenFone ini pun cukup layak disebut sebagai perangkat kelas menengah. Prosesor Intel® Atom™ Multicore Z2560 (1.6GHz) dengan teknologi Intel® Hyper-Threading tentu memberi angin segar kepada penggunanya atas kecepatan proses yang mereka harapkan.

Di pasaran, smartphone terbaik setebal 5.5mm (pada titik tertipis) ini dilepas dengan harga mulai dari 2,199,000 Rp. Untuk saat ini, ASUS ZenFone 5 tersedia dalam 5 varian warna pilihan, yaitu; Charcoal Black, Pearl White, Cherry Red, Champagne Gold, dan Twilight Purple.

Model A501CG
Layar • 5-inci IPS HD 1280×720 with 178° wide view angle,
294ppi, Super Anti-Scratch Corning®
Gorilla® Glass 3 with Anti-Finger Coating
• Ultra Sensitive touch panel
with glove touch support
Prosesor Intel® Atom™ Multicore Processor Z2560 (1.6GHz)
with Intel® Hyper-Threading Technology
Memori 2GB RAM
Storage 8GB + 5GB ASUS WebStorage
Gratis Seumur Hidup
Kamera • 8MP Auto-Fokus, Aperture Besar f/2.0,
lensa 5-elemen, PixelMaster Camera, foto & video
lebih terang hingga 400% (belakang)
• 2MP (depan)
Dimensi 148.2 x 72.8 x 5.5 – 10.3mm | 145g
Baterai 2110mAh
Sensor Accelerator, E-Compass,
Motion, Proximity, Hall Sensor
Layanan/Aplikasi lain • Google App, ASUS Sync, MyCloud,
File Manager, MyLibrary, SuperNote
• Blackberry Messenger Ready
Audio • Dual Microphone dengan Noise
Cancellation
• ASUS SonicMaster untuk suara
lebih jernih dan bass lebih dalam
• FM Receiver (Radio)
• MP3, AAC, AAC+, eAAC+, WMA,
MIDI, WAV, AC3, FLAC
Warna Cherry Red, Pearl White,
Charcoal Black, Champagne Gold,
Mystic Purple

 

ASUS ZenFone™ 6

ASUS ZenFone 6, smartphone dengan layar 6 inci IPS+ HD 1280×720, 245ppi ini telah dipersenjatai dengan teknologi layar Super Anti-Scratch Corning® Gorilla® Glass 3 with Anti-Finger Coating. Dengan demikian, kita tak perlu repot-repot melindunginya lagi dengan screen protector karena khawatir tergores.

ASUS ZenFone 6 Smartphone Android TerbaikHebatnya lagi, ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik ini juga dilengkapi dengan teknologi layar sentuh ultra-sensitif yang dapat mendeteksi perubahan medan listrik atau magnet dalam jumlah kecil. Jadi, kita tetap bisa mengoperasikannya walau pun sedang menggunakan sarung tangan.

Bahkan pada percobaan sentuh menggunakan alat bantu pensil, sensor gerak layar ZenFone 6 secara intuitif masih mampu mengenali. Ini mengingatkan kita kembali pada masa kejayaan Pocket PC (P/PC, PPC) atau Personal Data Assistant (PDA) di masa lalu.

Bagi anda para penggemar Game Android, mungkin akan sedikit kecewa pada performa ZenFone 6 saat memainkan Frontline Commando 2. Loading permainan ini cukup menyita waktu, pun, begitu berhasil, gejala lag dan artefak kadang muncul. Untungnya, pada games lain seperti Real Racing 3, NBA Action, dan Dead on Arrival 2 semua kendala ini tidak terjadi. Pergerakan ketiga permainan yang terakhir disebutkan akan terasa halus, dengan detail yang sangat baik tanpa artefak dan lag.

Dari sini bisa disimpulkan, bahwa pemilihan game yang sesuai, akan menjadi faktor penentu untuk memperoleh performa optimal ASUS ZenFone 6.

Di pasaran, rilis harga ZenFone 6 secara agresif ditawarkan mulai dari 3,099,000 Rp. Sebuah harga yang relatif terjangkau dan kompetitif untuk ukuran smartphone android yang mampu memberikan performa dan pengalaman terbaik bagi para penggunanya.

Model A600CG
Layar • 6-inci IPS HD 1280×720 with 178° wide view angle,
245ppi, Super Anti-Scratch Corning®
Gorilla® Glass 3 with Anti-Finger Coating
• Ultra Sensitive touch panel
with glove touch support
Prosesor Intel® Atom™ Multicore Processor Z2580 (2.0GHz)
with Intel® Hyper-Threading Technology
Memori 2GB RAM
Storage 16GB + 5GB ASUS WebStorage
Gratis Seumur Hidup
Kamera • 13MP Auto-Fokus, Aperture Besar f/2.0,
lensa 5-elemen, PixelMaster Camera, foto & video
lebih terang hingga 400% (belakang)
• 2MP (depan)
Dimensi 166.9 x 84.3 x 5.5 – 9.9mm | 196g
Baterai 3300mAh
Sensor Accelerator, E-Compass, Motion,
Proximity, Hall Sensor, Gyro Sensor
Layanan/Aplikasi lain • Google App, ASUS Sync, MyCloud,
File Manager, MyLibrary, SuperNote
• Blackberry Messenger Ready
Audio • Dual Microphone dengan Noise Cancellation
• ASUS SonicMaster untuk suara lebih jernih
dan bass lebih dalam
• FM Receiver (Radio)
• MP3, AAC, AAC+, eAAC+, WMA,
MIDI, WAV, AC3, FLAC
Warna Cherry Red, Pearl White, Charcoal Black
Champagne Gold

***

Selain beberapa spesifikasi yang telah disebutkan di atas, secara umum, trio ZenFone™ 4, ZenFone™ 5, maupun ZenFone™ 6 ini rupanya berbagi beberapa kesamaan spesifikasi, seperti:

Network

  • Dual Antenna for 3x Better Signal Reception
  • 3G DC-HSPA+ Download speed up to 42Mbps
  • GSM/WCDMA Quad-Band for Worldwide Data Roaming 850/900/1900/2100MHz

Wireless

  • 11 b/g/n, BT 4.0 dengan A2DP, Wi-Fi Direct
  • Super Fast Wi-Fi Hotspot capability (Tethering)

Konektivitas

  • MicroUSB, 3.5mm earjack
  • MicroSD card support up to 64GB

Navigasi

Dual Navigation (GPS, A-GPS) + GLONASS

Sistem Operasi

Android™ 4.3 Jelly Bean upgradeable to Android™ 4.4 KitKat

SIM Card

Dual Micro-SIM support

User Interface (UI)

ASUS ZenUI with over 1000+ software enhancements (What’s Next, PC Link, Share Link, Quick Access, ASUS Splendid, dll)

Video

  • Playback MPEG-4 up to 1080p
  • Video recording MPEG-4 1080p at 30fps
  • DivX, H.264, MPEG4, H.263, Xvid, 3gp

 

ASUS ZenUI – Indah, Lancar dan Intuitif

Beberapa produsen telah membuat dan menyertakan user interface eksklusif dalam paket penjualan smartphone mereka. ASUS pun tak mau ketinggalan. ZenUI diperkenalkan ke pasar sebagai antar-muka standar seiring dirilisnya trio ASUS ZenFone—dengan konsep; Freedom, Expression, dan Connection.

Aplikasi ASUS ZenUI TerbaruPerhatikanlah kombinasi antara background layar dengan cover belakang. Maka akan anda temukan warna yang saling berkesesuaian.

Icon 2 dimensi, permainan warna tematik, serta layout yang apik adalah sedikit dari sekian banyak perubahan visual yang ditawarkan ASUS ZenUI demi memuaskan hati para penggunanya. Selain tampilan smartphone android terbaik mereka jadi lebih segar, perubahan ini juga ditujukan agar pekerjaan para penggunanya bisa dilakukan secara lebih produktif dan efisien.

Kunci utama perubahan itu terletak pada 2 fitur utama ASUS ZenUI, yaitu What’s Next dan Do It Later. Lalu, bagaimanakah cara kedua elemen ini bekerja? Berikut penjelasannya:

What’s Next

Fitur What’s Next yang diusung ASUS ZenUI sedikit mirip dengan Google Now dalam format yang lebih spesifik. Bila Google Now bekerja dengan cara mengimplementasikan aplikasi Google Search yang mampu mengenali pola berulang dari para penggunanya, kemudian menyajikan informasi relevan terkait pola tersebut, maka What’s Next hanya mengimplementasikan fungsi yang terkait pada aspek penjadwalan saja.

ZenUI What's NextDengan kata lain, bila Google Now berfungsi membantu pengguna untuk menentukan langkah selanjutnya, maka What’s Next berfungsi untuk menjaga pengguna agar selalu fokus. Keep on track pada rencana-rencana yang telah dibuat.

What’s Next mengintegrasikan beragam aplikasi ASUS—seperti; Contact, Messaging, Email, Calendar dan lain-lain—kemudian memberikan notifikasi atas setiap kegiatan yang telah direncanakan, setelah disinkronisasi.

Notifikasi tersebut bisa berupa status event (delayed/modified/put forward/cancelled), ulang tahun orang-orang penting (VIP), prediksi cuaca, dan lain sebagainya—yang ditempatkan pada bagian depan tengah lock screen, home screen, dan panel notifikasi ASUS ZenFone anda.

Do It Later

Dilihat dari cara kerjanya, fitur “Do It Later” ASUS ZenUI ini sangat mirip dengan fasilitas ‘Bookmarks’ pada beberapa internet browser seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome, tapi dalam versi yang lebih advanced.

Kemampuannya tidak hanya terbatas pada menandai link dari satu atau lebih website tertentu. Lebih dari itu, ia juga bisa diintegrasikan dengan aplikasi-aplikasi ASUS lainnya (Call Log, Email, dan Messaging Browser) serta aplikasi-aplikasi dari pihak ketiga, seperti; Chrome, YouTube, Google Map, iMDb, dan Play Store.

ZenUI Do It LaterDengan adanya fitur “Do It Later,” pengguna tak perlu khawatir lagi pekerjaannya akan terdistraksi. Karena, cukup dengan menekan satu tombol saja, maka secara otomatis, ia akan menandai segala interupsi yang datang di tengah-tengah pekerjaan tersebut, kemudian merangkumnya pada kartu-kartu catatan yang tertata rapi secara berurutan, sehingga akan lebih mudah diidentifikasi dan bisa di-follow-up di lain waktu.

Ada pun tugas-tugas yang dijadwalkan bisa kita masukkan ke dalam 6 kategori terpisah, seperti; Read later, Call later, Reply later, Edit later, Check later, dan Pure task. Yang semuanya bisa di-review kembali berdasarkan 3 filter pilihan, seperti; To-do tasks, Completed tasks, dan All tasks.

Kelebihan lain dari fitur “Do It Later” ini adalah terintegrasinya seluruh tugas-tugas penting dalam satu folder, sehingga kita tidak perlu lagi memeriksa beberapa aplikasi satu per satu untuk mencari tahu apa yang terlewat dan harus kita lakukan, layaknya asisten pribadi—seukuran genggaman tangan.

 

PixelMaster – Foto Kelas Profesional di Setiap Waktu

Seluruh jajaran ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik, mulai dari ZenFone™ 4, ZenFone™ 5, sampai ZenFone™ 6, telah dilengkapi dengan teknologi PixelMaster. Sebuah teknologi yang secara unik dikembangkan oleh para engineer ASUS untuk memberikan hasil gambar dan video yang luar biasa.

Kabar baiknya, teknologi optik bermutu tinggi yang dikombinasi dengan perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) yang juga tak kalah canggihnya ini, bisa dibawa-bawa ke mana pun, setiap saat, untuk mengabadikan momen-momen berharga anda.

PixelMaster memiliki 18 Special Camera Modes yang berbeda-beda seperti; All smiles, Beautification, Depth of Field, GIF Animation, HDR, Miniature, Night, Panorama, Selfie, Smart remove dan lain-lain. Keseluruhan efek PixelMaster ini, tentunya dirancang supaya bisa memberi pengalaman berharga bagi seluruh penggunanya.

Selfie Mode

Dalam pengertian umum, selfie bisa diartikan dengan memotret diri sendiri (self-portrait). Foto selfie biasanya diambil dengan menggunakan perangkat seperti smartphone, webcam, atau digital camera, yang kemudian diunggah/dibagikan melalui beragam platform sosial media.

Selfie Mode yang diusung PixelMaster memungkinkan pengguna memotret diri sendiri atau beramai-ramai dengan menggunakan kamera belakang yang berkualitas tinggi. Algoritma face detection yang digunakannya, secara intuitif mampu mengenali hingga beberapa wajah sekaligus. Kemudian menghitung mundur, sebelum mengambil 3 foto secara berurutan, sehingga kita bisa memilih momen foto yang terbaik.

Depth of Field Mode

Istilah Depth of Field (DoF) lazim digunakan dalam dunia fotografi. Para fotografer, mulai dari amatir sampai profesional biasa menggunakan teknik ini untuk mengaburkan latar belakang (background) atau latar depan (foreground) secara dramatis, dengan tujuan agar subjek foto mereka menjadi lebih fokus dan tajam.

PixelMaster Depth of Field Mode

Dengan adanya fitur Depth of Field dari PixelMaster di seluruh keluarga ASUS ZenFone (4, 5, dan 6), pengguna tak perlu khawatir lagi dengan latar belakang yang mengganggu saat memotret. Karena dengan mengaktifkan fitur kamera kelas atas ini, distraksi latar belakang tersebut akan secara otomatis dieliminasi atau di-blur, sehingga hanya menyisakan ruang tajam atas subjek foto yang kita inginkan.

Bagi para pengguna ZenFone 5 dan ZenFone 6, boleh sedikit lega, karena produsen ASUS menyertakan 2 lagi fitur tambahan PixelMaster, yakni;

Low Light Mode

Dalam dunia fotografi kita mengetahui bahwa semakin besar bukaan bilah diafragma lensa, maka semakin banyak pula cahaya yang masuk ke dalam sensor. Yang dengannya, semakin cepat pula waktu yang dibutuhkan oleh sensor kamera untuk memproses gambar atau video yang ditangkap.

PixelMaster Low Light ModePada ASUS ZenFone 5 dan ZenFone 6, kemampuan ini didukung dengan dibenamkannya lensa 5 elemen berkualitas tinggi ber-aperture besar hingga f/2.0, dengan ukuran Sensor BackSide-Illumination (BSI) yang besar pula.

Jadi, begitu modus Low Light pada PixelMaster diaktifkan, kamera akan secara otomatis mengatur sensor dan bukaan aperture—menggunakan algoritma yang telah dikembangkan ASUS—dengan meningkatkan sensitifitas cahaya hingga 400% dan kontras hingga 200%.

Bila setiap pixel dari beberapa kamera pada umumnya hanya menangkap cahaya secara individual, maka dengan teknologi PixelMaster ASUS, ia bekerja dengan cara menggabungkan 4 pixel yang berdekatan menjadi satu, sehingga dengan begitu cahaya bisa ditangkap 4x lebih banyak.

Time Rewind

Kita tentu sering, atau setidaknya pernah, mengalami yang namanya kehilangan momen berharga saat memotret subjek yang bergerak. Walau telah dicoba dengan segenap daya upaya, beberapa kali, dengan tingkat presisi yang dipaksakan semakin tinggi, sayangnya, hasil foto yang diharapkan selalu tidak sesuai keinginan. Entah itu blur, atau momennya terlalu cepat atau terlalu lambat.

Dengan adanya mode Time Rewind dari PixelMaster ASUS, kita tak perlu khawatir lagi akan kehilangan momen-momen berharga tersebut.

Ketika mode Time Rewind diaktifkan, secara otomatis ia akan bekerja dengan cara merekam 31 frame foto sejak 2 detik sebelum tombol shutter ditekan dan 1 detik setelahnya. Untuk mendapatkan gambar terbaik, kita tinggal menggeser siklus waktu pada user interface berbentuk lingkaran yang telah disediakan, untuk kemudian menyimpan gambar yang diinginkan. Sangat mudah.

***

Demikianlah kiranya review ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik yang bisa saya bagi kali ini. Pilihan terakhir tetap ada di tangan anda para calon pengguna. Semoga bermanfaat. Salam. [BEM]

Advertisements

5 thoughts on “ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik”

  1. Gan, kami dengan spesifikasi Asus ZenFone 5 (A500CG)

    IFWI version 59.49
    number serial 0123456789ABCDEF
    DROIDBOOT version: 2.1BUILD Nov 20-2015-180355
    Production Zenfone

    Langkah yang telah kami lakukan sebagai berikut:

    download ADB Driver utk Zenfone 5,
    download ADB flashtool untuk software flashingnya… jangan lupa download juga romnya ntar flashingnya di ADB Commands, zenfone sudah terhubung
    fastboot devices
    fastboot flash recovery recovery.img

    adb devices
    Trus ketik: adb sideload (firmware yg sudah di download).zip
    adb sideload user78.zip

    setelah 100%
    wipe data/factory reset
    Wipe cache Partition.
    Reboot system now

    Kembali kami mengalami boot loop, ketika melakukan flashing zenfone 5, pada factory resset not work or error when entering recovery mode
    the command was here

    E:Failed to mounth /cache (invalid argument)
    E:Cant mount /cache/recovery/log
    E:Cant open /cache/recovery/log
    E:failed to mount /cache (invalid argument)

    hasil CMD seperti dibawah ini

    Microsoft Windows [Version 6.3.9600]
    (c) 2013 Microsoft Corporation. All rights reserved.

    E:\ADB\Mengatasi Stuck di 54% Saat Upgrade Zenfone 5 ke Lollipop\ADB Fastboot Tool>fastboot devices
    0123456789ABCDEF fastboot

    E:\ADB\Mengatasi Stuck di 54% Saat Upgrade Zenfone 5 ke Lollipop\ADB Fastboot Tool>fastboot flash recovery recovery.img
    target reported max download size of 1321470634 bytes
    sending ‘recovery’ (10529 KB)…
    OKAY [ 1.647s]
    writing ‘recovery’…
    (bootloader) secure device
    (bootloader) signed image
    OKAY [ 1.830s]
    finished. total time: 3.476s

    E:\ADB\Mengatasi Stuck di 54% Saat Upgrade Zenfone 5 ke Lollipop\ADB Fastboot Tool>adb devices
    List of devices attached

    E:\ADB\Mengatasi Stuck di 54% Saat Upgrade Zenfone 5 ke Lollipop\ADB Fastboot Tool>adb sideload user78.zip
    sending: ‘user78.zip’ 100%

    Regards.

    1. Berarti udah minta ganti baterai tuh, Mbak.

      Coba instal aplikasi penghemat baterai semacam, Greenify, Avast Battery Saver, DU Battery Saver & Phone Charger, atau aplikasi android sejenis. Sama, coba matiin perangkat wireless yang gak perlu, semisal; LTE, NFC, GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth.

  2. ane pake zenfone 6 gan. bagus banget! tapi ukurannya gede bikin rempong karena gamuat di kantong celana haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s